PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DALAM UPAYA PENYELAMATAN DIRI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

shintya, . (2022) PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DALAM UPAYA PENYELAMATAN DIRI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 12 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Bab I(Pendahuluan))
BAB I (Pndahuluan).pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Bab Akhir(Penutup))
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KARYA ILMIAH AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana merupakan fenomena kejadian alam dimana kedatangannya terkadang secara tiba-tiba. Bencana alam dapat menyebabkan kerugian material maupun kehilangan jiwa Pemberian pelatihan kesiapsiagan bencana sangat berpengaruh pada tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap bencana. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan kesiapsiagaan bencana terhadap tingkat pengetahuan masyarakat dalam upaya penyelamatan diri mengahadapi bencana gempa bumi di RW 12 Pasie Nan Tigo. Jenis peneltian ini Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan rancangan yang digunakan adalah Metode penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental design dengan jenis pre- test and post- test one group design. Rancangan ini juga tidak ada kelompok kontrol.Pengambilan sampel melalui sampling yaitu 114 responden. Instrumen penelitian yang digunakan instrumen terstandar dari LIPI/UNESCO/ISDR tentang panduan mengukur kesiapsiagaan individu. Data di analisa menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank test Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pemberian pelatihan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana dalam upaya penyelamatan diri mengahdapi bencana gempa bumi di RW 12 Keluraah Pasie Nan Tigo dengan Pvalue pada kolom Sig (2-tailed) adalah 0.000. Saran diharapkan kepada masyarakat agar dapat mempertahankan pengetahuan dan sikap tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana sehingga akan meminimalisir resiko-resiko serta kerugian yang diakibatkan oleh bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp.,M.Kes.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan,Tingkat Pengetahuan,Bencana,Gempa Bumi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:38
Last Modified: 13 Dec 2022 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118347

Actions (login required)

View Item View Item