PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL TENTANG MAKANAN CEPAT SAJI UNTUK PENCEGAHAN OBESITAS

Anisa, Masthura (2022) PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL TENTANG MAKANAN CEPAT SAJI UNTUK PENCEGAHAN OBESITAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Oktober 2022 Anisa Masthura, No.BP.1811229001 PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL TENTANG MAKANAN CEPAT SAJI UNTUK PENCEGAHAN OBESITAS XII + 143 halaman, 26 tabel, 4 gambar, 6 lampiran Tujuan Penelitian ABSTRAK Remaja merupakan salah satu kelompok sasaran yang berisiko terkena obesitas, Remaja cenderung memilih makanan di luar rumah dan penasaran dengan makanan yang baru seperti makanan cepat saji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media power point dan video terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang makanan cepat saji untuk pencegahan obesitas. Metode Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment pretest posttest with control group. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil dari bulan Juni- Juli 2022. Sampel berjumlah 35 responden untuk setiap kelompok yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan paired sample test dan independent sample test. Hasil Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan dan sikap remaja antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok intervensi dengan p-value 0,000). Ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan (p-value = 0,05) dan sikap (p-value = 0,033) antara kelompok video dan kontrol. Ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan (p-value = 0,000) dan sikap (p-value = 0,008) antara kelompok power point dan kontrol. ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan (p-value = 0,017) antara kelompok video dan power point, dan tidak ada perbedaan rata-rata skor sikap (p-value = 0,447) antara kelompok video dan power point, setelah diberikan edukasi. Kesimpulan Pemberian edukasi gizi menggunakan video dan power point berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap pada remaja tentang makanan cepat saji untuk pencegahan obesitas. Diharapkan kepada sekolah dan puskesmas untuk dapat mempertimbangkan penggunaan media video dan power point dalam memberikan edukasi gizi kepada remaja. Daftar Pustaka : 54 ( 2012– 2022) Kata Kunci : edukasi, makanan cepat saji, obesitas, pengetahuan, sikap, video, power point.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:24
Last Modified: 13 Dec 2022 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118330

Actions (login required)

View Item View Item