KESIAPSIAGAAN DAN PERSEPSI RISIKO PADA ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO TAHUN 2022

Lilian, Meutia (2022) KESIAPSIAGAAN DAN PERSEPSI RISIKO PADA ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 KELURAHAN PASIE NAN TIGO TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover .pdf - Published Version

Download (978kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (KIA)
KARYA ILMIAH AKHIR_ LILIAN MEUTIA_ 2141312044_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia sekolah merupakan salah satu kelompok rentan yang harus di perhatikan dalam kesiapsiagaan dan persepsi risiko terhadap bencana. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kesiapsiagaan dan persepsi risiko anak usia sekolah terhadap bencana gempa bumi di RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dalam bentuk survei. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia sekolah yang berada di RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan sampel 20 orang diambil menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner LIPI/UNESCO/ISDR dan Natural Risk Perception Beliefs yang dikembangkan oleh Yong 2017. Hasil penelitian Kesiapsiagaan yang dijelaskan dalam empat parameter seperti pengetahuan, perencanaan tanggap darurat, peringatan bencana, dan mobilisasi sumber daya secara keseluruhan didapatkan bahwa seluruh 100% anak usia sekolah memiliki kesiapsiagaan yang baik terhadap bencana gempa bumi. Sedangkan persepsi risiko anak usia sekolah terhadap gempa bumi adalah 100% dengan persepsi risiko kategori tinggi terhadap bencana gempa bumi. Kader maupun sekolah kedepannya dapat memberikan edukasi minimal tiga bulan sekali terkait bencana pada anak usia sekolah, dimulai dari tahap pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: Gempa Bumi, Anak Usia Sekolah, Kesiapsiagaan, Persepsi Risiko
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:26
Last Modified: 13 Dec 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118329

Actions (login required)

View Item View Item