FANZY, PRISMA GRIZMALDY (2015) PENGARUH BASIC PSYCHOLOGICAL NEEDS TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DALAM KEGIATAN BELAJAR DI SMAN 1 KOTA SOLOK. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201510291550th_skripsi fanzy insyaallah fix 2 pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Permasalahan student engagement yaitu kurangnya keterlibatan dan partisipasi siswa dalam belajar, masih ditemui di SMAN 1 Kota Solok. Salah satu faktor yang mempengaruhi student engagement adalah basic psychological needs yang menekankan kepuasan terhadap kebutuhan-kebutuhan dasar (autonomy, competence, relatedness). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh basic psychological needs terhadap student engagement dalam kegiatan belajar di SMAN 1 Kota Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengukuran menggunakan skala SEM MacArthur dengan reabilitas 0,927 dan skala basic needs satisfaction in general dengan reabilitas 0,819. Sampel penelitian berjumlah 275 siswa.Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi ini membuktikan bahwa basic psychological needs berpengaruh terhadap student engagement dalam kegiatan belajar di SMAN 1 Kota Solok. Hal ini berarti, tinggi rendahnya basic psychological needs seseorang dapat mempengaruhi student engagement orang tersebut. Sedangkan, nilai R2 sebesar 0,14 menunjukkan bahwa basic psychological needs berkontribusi mempengaruhi student engagement sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian ini diterima. Kata Kunci : basic psychological needs, student engagement
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Ms Meldiany Ramadhona |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 08:23 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 08:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
View Item |