STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA TERHADAP KEADAAN DARURAT RUMAH TANGGA TERKAIT GEMPA BUMI DI WILAYAH PESISIR PANTAI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022

AFIFA, MARDATILAH (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA TERHADAP KEADAAN DARURAT RUMAH TANGGA TERKAIT GEMPA BUMI DI WILAYAH PESISIR PANTAI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover abstrak)
cover+Babstrak.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Bab v dan penutup)
Bab v dan penutup.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (Kia full text afifa mardatilah)
KIA_AFIFAMARDATILAH_202141312077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA TERHADAP KEADAAN DARURAT RUMAH TANGGA TERKAIT GEMPA BUMI DI WILAYAH PESISIR PANTAI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022 ABSTRAK Gempa bumi terjadi dengan cara yang tak terduga sehingga dapat merusak lalu menghancurkan bangunan dalam waktu yang sangat cepat. Mengingat besarnya dampak yang terjadi akibat bencana, maka perlu adanya kesiapsiagaan masyarakat untuk mengatasi risiko atau dampak bencana tersebut Kesiapsiagaan yang memadai untuk menghadapi bencana tidak hanya berarti siap secara individu, tetapi juga siap membantu keluarga, teman, dan tetangga pada saat darurat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan keluarga terhadap keadaan darurat rumah tangga terkait gempa bumi di RW 13 Kelurhan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study research. Pengambilan sampel dengan Purposive sampling dan teknik pengumpulan data mengunakan wawancara semi terstruktur. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah lima partisipan yaitu Kepala keluarga dengan. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan tiga tema utama yaitu : (1) Hazard/resiko bencana pada keluarga (2) Reaksi keluarga saat keadaan darurat bencana, (3) Kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana dalam keluarga, (4) Persepsi risiko dan konsekuensi bencana dengan tiga belas sub tema, Diharapkan keluarga lebih meningkatkan pengetahuan tentang upaya penyelamatan saat terjadi bencana serta kebutuhan untuk keluarga jika terjadi bencana. Kata kunci : Kesiapsiagaan, Keluarga, Rumah Tangga, Gempa Daftar Pustaka : 137 (2010-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S. Kp. MA
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Keluarga, Rumah Tangga, Gempa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:20
Last Modified: 13 Dec 2022 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118297

Actions (login required)

View Item View Item