ANGGEA, ELZA (2014) Bully Busting Versus Passivity In Children’s Literature By Roald Dahl And Hans Christian Andersen: A Structural Reading. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (SKRIPSI)
201504281255th_anggea elza - 0910732087 - sasing.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas struktur internal yang menyusun kerangka cerita dalam karya sastra anak The Little Match Seller dan The Little Mermaid karangan Hans C. Andersen dengan George’s Marvellous Medicine dan Matilda karangan Roald Dahl. Penelitian ini memfokuskan penjelasan hubungan antara tokoh utama anak dengan kehadiran dan fungsi karakter lain (penolong, lawan, pengirim, penerima, tujuan) dalam kaitan usaha meraih tujuannya. Penulis menerapkan teori actant chart yang dikemukakan oleh A.J Greimas dalam menganalisis data dengan memaparkan deskripsi actant chart beserta kelengkapan detil mengenai hubungan yang terjadi dari tiga pasang actant tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan perbedaan nilai yang ditawarkan oleh Andersen dan Dahl melalui figur penolong. Ketidakhadiran motivasi dari dalam diri sendiri sebagai figur penolong di dalam cerita Andersen menyebabkan subyek gagal meraih tujuan dan larut di dalam kesulitannya. Sebaliknya, kehadiran motivasi dari dalam diri sendiri sebagai figur penolong di dalam cerita Dahl membuat subyek berhasil meraih tujuannya bahkan dapat mengatasi tindak bully dari orang – orang dewasa disekeliling mereka. Keywords: children literature, The Little Match Girl, The Little Mermaid, George’s Marvellous Medicine, Matilda, bullying, Greimas’ actant chart, structuralism, Hans C. Andersen, Roald Dahl
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 08:11 |
Last Modified: | 29 Jun 2016 08:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
View Item |