STUDI KASUS: PERSIAPAN MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA PUTRI TERKAIT RISIKO KEKERASAN SEKSUAL SETELAH BENCANA DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Siti, Rahmah (2022) STUDI KASUS: PERSIAPAN MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA PUTRI TERKAIT RISIKO KEKERASAN SEKSUAL SETELAH BENCANA DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (KIA Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada situasi bencana menyebabkan krisis salah satunya krisis kesehatan yaitu meningkatnya risiko kekerasan seksual. Pada situasi bencana kekerasan seksual dapat terjadi karena remaja terpisah dari keluarga, tinggal bersama di pengungsian yang minim keamanan dan privasi. Remaja perempuan berisiko empat kali lebih besar mengalami kekerasan seksual dalam situasi bencana. Upaya dalam mencegah risiko kekerasan seksual ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persiapan mencegah kekerasan seksual pada remaja putri terkait risiko kekerasan seksual setelah bencana di Rw 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah lima partisipan yaitu remaja perempuan. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan dua tema utama yaitu: (1) Mengetahui potensi risiko kekerasan seksual, (2) Upaya dalam pencegahan kekerasan seksual. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk lebih fokus membahas terkait pencegahan kekerasan setelah bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: kekerasan seksual, mencegah, remaja putri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:48
Last Modified: 14 Dec 2022 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118257

Actions (login required)

View Item View Item