KORELASI ANTARA USIA GESTASIONAL MENURUT LAST MESTRUAL PERIOD (LMP) DENGAN PERTUMBUHAN JANIN MENURUT ULTRASONOGRAFI PADA ETNIS MINANGKABAU

Puspita, Sari (2022) KORELASI ANTARA USIA GESTASIONAL MENURUT LAST MESTRUAL PERIOD (LMP) DENGAN PERTUMBUHAN JANIN MENURUT ULTRASONOGRAFI PADA ETNIS MINANGKABAU. Masters thesis, Universitaas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (THESISI FULL)
revisi tesis.fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG: Pertumbuhan janin merupakan hal vital yang menentukan kualitas hidup saat lahir. Karena studi multinasional yang tersedia saat ini mewakili pilihan yang sangat terbatas dari populasi dunia yang bervariasi. TUJUAN PENELITIAN: penelitian ini diharapkan dapat memberikan hasil berupa parameter akurat yang lebih banyak dalam menentukan perkiraan pertumbuhan janin pada etnik Minangkabau. BAHAN DAN METODE: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional analitik studi untuk mengetahui biometri pertumbuhan janin pada etnik Minangkabau. Sampel yang dipilih adalah ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilannya pada bulan 1 Desember 2020 - 1 Desember 2021 di poliklinik Fetomaternal, poliklinik Kebidanan dan IGD RS M. Djamil Padang dan RS Jaringan di Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Pearson dengan nilai P < 0,05 kemudian analisis multivariat menggunakan regresi linier. HASIL: Sebanyak 823 ibu hamil yang datang memeriksakan diri pada trimester 3 (28-40 minggu menurut USG). Karakteristik subjek penelitian adalah rata-rata 28,37 ± 4,48 tahun, kehamilan multipara sebanyak 465 orang (56,9%) dan rata- rata tingkat pendidikan sekolah menengah atas sebanyak 640 orang (77,8%), dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga (IRT) sebanyak 658 orang (79,9%). Berdasarkan analisis Pearson, terdapat korelasi yang sangat kuat (r=0,86) antara diameter BPD dengan GA menurut LMP diikuti FL dengan (r=0,84), HC dan AC (r=0,82), paling rendah adalah HL (r=0,79). Untuk semua variabel sangat signifikan (p=0,0001). Analisis multivariat dengan regresi linier menunjukan bahwa parameter yang paling mempengaruhi usia gestasi pada trimester 3 yaitu BPD dengan r=0,85 (p=0,0001). KESIMPULAN; Ada korelasi yang sangat kuat antara LMP dan USG kehamilan trimester 3 dengan variabel BPD, HC, AC, FL, HL pada etnis minangkabau.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Hj. Yurawati, Sp. O.G Subssp. K. Fm
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Janin, LMP, Ultrasonografi, etnik Minangkabau
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:04
Last Modified: 13 Dec 2022 01:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118179

Actions (login required)

View Item View Item