Studi kasus : partisipasi remaja dalam mengikuti edukasi kesiapsiagaan bencana di RW 13 kelurahan pasie nan tigo tahun 2022

Mutiara, Salam (2022) Studi kasus : partisipasi remaja dalam mengikuti edukasi kesiapsiagaan bencana di RW 13 kelurahan pasie nan tigo tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
FULL TEXT MUTIARA SALAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kelurahan Pasie Nan Tigo terletak pada zona rawan bencana terutama tsunami, gelombang pasang, abrasi, badai dan gempa bumi. Untuk itu penting adanya tindakan antisipatif sebelum datangnya bencana, tindakan antisipatif untuk mengurangi akibat bencana itu disebut dengan kesiapsiagaan bencana. kegiatan kesiapsiagaan bencana memerlukan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat, terutama remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi partisipasi remaja dalam mengikuti edukasi kesiapsiagaan bencana di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan jumlah sampel yang ditentukan dengan metode purposive sampling berjumlah empat orang remaja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada partisipan, data dianalisis menggunakan analisa tematik. Didapatkan tiga tema dari hasil penelitian ini yaitu, faktor yang mendukung partisipasi berupa, manfaat kegiatan dan dukungan orang tua serta kesempatan berpartisipasi. Tema kedua adalah faktor penghambat partisipasi, yaitu sifat negatif individu dan Ekonomi. Tema ketiga, bentuk partisipasi remaja dimana remaja aktif berpartisipasi dengan jenis partisipasi pikiran dan partisipasi tenaga. Diharapkan remaja dapat mengembangkan pengetahuannya mengenai kebencanaan serta keluarga dapat memberikan dukungannya kepada remaja dan mengikutsertakan remaja dalam setiap kegiatan kebencanaan agar remaja sadar akan pentingnya mereka sebagai agen perubahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, M.N, P.hD
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Remaja, Kesiapsiagaan bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:48
Last Modified: 13 Dec 2022 02:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118164

Actions (login required)

View Item View Item