STUDI KASUS : KESIAPAN KADER SIAGA BENCANA (KSB) LANSIA DALAM MELAKSANAKAN PERAN MITIGASI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Tika, Nelsya Putri (2022) STUDI KASUS : KESIAPAN KADER SIAGA BENCANA (KSB) LANSIA DALAM MELAKSANAKAN PERAN MITIGASI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
2. Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Bab V (Penutup))
3. Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Full Text)
5. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lansia merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu dikelola karena mengalami ketidakmampuan mempersiapkan diri menghadapi bencana sehingga diperlukan peran Kader Siaga Bencana (KSB) lansia untuk memberikan pembekalan mengenai mitigasi bencana. Mengelola kelompok rentan bukanlah suatu hal yang mudah bagi KSB lansia, diperlukan kemampuan dan kesiapan secara fisik dan mental dalam menjalankan setiap kegiatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kesiapan KSB lansia dalam melaksanakan peran mitigasi bencana di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di RW 11 & RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan waktu pengumpulan data pada tanggal 6 s/d 7 Juli 2022 dan dilanjutkan kembali tanggal 15 Juli 2022. Partisipan berjumlah tujuh orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan dilakukan wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan diolah kemudian menghasilkan 4 tema utama yaitu (1) Pengetahuan & Keterampilan KSB lansia, (2) Faktor pendukung dan penghambat kesiapan KSB lansia, (3) Kegiatan KSB lansia dalam mitigasi bencana, dan (4) Persiapan KSB lansia dalam mitigasi bencana. Diharapkan kepada perawat agar dapat berkoordinasi dengan stakeholder dalam memberikan penguatan, pendampingan dan pembinaan kepada KSB lansia agar kegiatan mitigasi bencana dapat dijalankan secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Rika Sabri,S.Kp,M.Kes,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Kader Siaga Bencana Lansia, Mitigasi Bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:45
Last Modified: 09 Dec 2022 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117939

Actions (login required)

View Item View Item