Studi Kasus : Partisipasi Remaja Yang Tinggal Di Daerah Rawan Bencana Dalam Mengikuti Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Lailatul, Israini (2022) Studi Kasus : Partisipasi Remaja Yang Tinggal Di Daerah Rawan Bencana Dalam Mengikuti Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB)
[img] Text (KIA FULLTEXT)
KIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu upaya dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana adalah memberikan edukasi berupa penyuluhan dan pelatihan terhadap masyarakat terutama remaja yang dapat berperan penting dalam bencana. Namun pada saat dilakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan masih banyak remaja yang tidak berpartisipasi. Penelitian ini memiliki tujuan mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi remaja dalam edukasi kesiapsiagaan bencana. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah partisipan yaitu 5 partisipan yang disesuaikan dengan kriteria partisipan. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam pada partisipan dengan menggunakan panduan wawancara. Analisa data ditampilkan dengan tabel analisa tematik. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan dua tema utama yaitu: (1) terbatasnya dukungan sosial terhadap remaja dalam berpartisipasi dalam edukasi kesiapsiagaan bencana, (2) persepsi remaja terhadap pentingnya edukasi kesiapsiagaan bencana. Oleh sebab itu diharapkan adanya langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi remaja dengan memperhatikan dukungan sosial dan meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya kesiapsiagaan bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan bencana, Partisipasi, Penyuluhan, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:30
Last Modified: 09 Dec 2022 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117936

Actions (login required)

View Item View Item