STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN LANSIA DENGAN PENYAKIT KRONIS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 05 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Asra, Dewita (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN LANSIA DENGAN PENYAKIT KRONIS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 05 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (KARYA ILMIAH AKHIR FULL)
KARYA ILMIAH AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan daerah yang rentan terhadap risiko bencana, termasuk Provinsi Sumatera Barat. Pada kelompok beresiko seperti lansia dengan penyakit kronis, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana sangat diperlukan untuk mengurangi kemungkinan perburukan kondisi kesehatan dan bahkan resiko kematian selama bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study research yang bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan lansia dengan penyakit kronis dalam menghadapi bencana gempa bumi di wilayah RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Partisipan berjumlah empat orang, pengumpulan data dilakukan dengan teknik In-depth Interview. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah kemudian menghasilkan 3 tema utama yaitu, 1) pengetahuan menghadapi bencana gempa bumi, 2) rencana tanggap darurat, 3) sistem peringatan bencana. Lansia dengan penyakit kronis sudah memiliki pengetahuan tentang potensi bencana yang ada di wilayah tempat tinggalnya, apa yang dilakukan dalam menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, kemana harus pergi jika terjadi bencana. Lansia juga sudah memiliki rencana tanggap darurat seperti penentuan jalur evakuasi, Namun, kesepakatan keluarga yang akan membantu lansia untuk evakuasi belum ada, lansia baru di bekali dengan nomor-nomor anggota keluarga terdekat dan belum adanya sistem peringatan dini. Diharapkan partisipasi keluarga untuk meningkatkan kesiapsiagaan rencana tanggap darurat lansia dengan membuat perencanaan dan kesepakatan dalam menghadapi bencana gempa bumi serta bagi pelayanan keperawatan untuk terus memberikan pelatihan dan sosialisasi terkait kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo,S.Kp.MPH
Uncontrolled Keywords: KESIAPSIAGAAN, LANSIA,PENYAKIT KRONIS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:34
Last Modified: 09 Dec 2022 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117887

Actions (login required)

View Item View Item