DOLLA, JENISA (2014) INTERRUPTIONS IN RANDAL KOENE AND COLIN HALES’ CONVERSATION. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
DollaJenisa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
Abstract
Skripsi ini berisi kajian tipe-tipe interupsi beserta alasan-alasannya yang digunakan oleh partisipan dalam video Randal Koene dan Colin Hales’s Conversation. Tujuan penelitian adalah mengamati tipe-tipe interupsi dan alasan utama yang digunakan oleh partisipan. Data dalam bentuk ujaran yang mengandung interupsi dalam sebuah video percakapan yang diunggah ke YouTube oleh Adam Ford pada tahun 2012. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap yang dikombinasikan dengan teknik catat dan dianalisis menggunakan teori interupsi yang dikemukakan oleh Yang (2003). Untuk mempresentasikan hasil analisis, penulis menggunakan metode formal dan informal. Subjek penelitian berupa 71 segmen dialog yang mengandung tipe-tipe serta alasanalasan interupsi. Hasil analisis menunjukkan ada dua tipe interupsi dan lima alasan mengunakan interupsi oleh partisipan. Tipe-tipe interupsi yaitu competitive interruption dan cooperative interruption. Tipe competitive paling banyak muncul sebanyak 45 kali (63%). Hal ini disebabkan karena interuptor ingin mendominasi topik yang tengah berlangsung dengan cara meninggikan suara sebagai sinyal untuk menarik perhatian. Kemunculan tipe interupsi berikutnya diikuti oleh tipe cooperative 26 kali (37%). Untuk alasan interupsi yang terjadi, didapati expressing strong opinion or disagreement muncul paling banyak 19 kali (27%). Alasan ini melandasi si pengguna melakukan interupsi karena dia terdesak untuk menyampaikan pendapat atau ketidaksetujuannya terhadap topik. Karena disampaikan dengan suara lantang, interupsi ini mampu merusak fokus pembicaraan yang sedang berlangsung. Kemunculan alasan ini berlebih satu dari expressing supportive agreement yang muncul sebanyak 18 kali (25%). Diikuti oleh shifting topic 15 kali (21%), demanding for additional information or clarification 11 kali (16%), dan completing an anticipated point yang muncul paling sedikit sebanyak 8 kali (11%). Kata kunci: Conversation, Interruptions, Reasons of interruptions, Competitive, Cooperative
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | ms Meiriza Paramita |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 08:24 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 08:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11788 |
Actions (login required)
View Item |