Peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi Untuk Usahatani Padi Dan Non Padi (Studi Kasus P3A Limau Manis Daerah Irigasi Limau Manis, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang)

Dwi, Noviana (2022) Peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi Untuk Usahatani Padi Dan Non Padi (Studi Kasus P3A Limau Manis Daerah Irigasi Limau Manis, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
FILE 1.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
FILE 2.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
FILE 3.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 4.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Full text)
FILE 5_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Irigasi merupakan salah satu faktor pendukung ketahanan pangan dan air irigasi dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berbagai kegiatan, maka pengelolaan sistem irigasi harus optimal. P3A merupakan kelembagaan pengelola irigasi yang bertujuan agar pendistribusian air irigasi dapat dilakukan secara adil, tertib dan teratur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan jaringan irigasi oleh P3A Limau Manis dan mengukur peran P3A tersebut dalam pengelolaan jaringan irigasi untuk usahatani padi dan non padi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, dan wawancara mendalam dengan kuisioner untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengelolaan jaringan irigasi oleh P3A Limau Manis dimulai dari kegiatan pengaturan air, pembagian air, pembuangan air, pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, rehabilitasi, pengerahan sumberdaya dan penanganan konflik. Kemudian peran P3A tersebut dalam pengelolaan jaringan irigasi untuk usahatani padi dan non padi termasuk kategori tinggi dengan skor 45,61. Untuk meningkatkan peran pengelolaan maka sebaiknya P3A mampu menyediakan papan peringatan untuk tindakan preventif dan dapat mempertahankan peran baiknnya dalam pengelolaan jaringan irigasi. Kemudian untuk pemakai air yaitu petani, pemilik kolam dan masyarakat pemakai air diharapkan kesediaannya membayar iuran agar pengelolaan jaringan irigasi dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir. Helmi,MSc
Uncontrolled Keywords: peran, pengelolaan, irigasi, P3A
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:33
Last Modified: 09 Dec 2022 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117876

Actions (login required)

View Item View Item