PEMANFAATAN Azolla microphylla YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR AYAM RAS

Mardhatul, Putri Pratama (2022) PEMANFAATAN Azolla microphylla YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR AYAM RAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Thesis full text)
TESIS FULL TEXT MARDHATUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Azolla (Azolla microphylla) merupakan tanaman paku air yang dapat dijadikan sebagai pakan alternatif sumber protein, pertumbuhannya relatif cepat, mudah dibudidayakan, dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia. Fermentasi dengan Lentinus edodes dapat menurunkan kandungan serat kasar dan meningkatkan kandungan protein Azolla microphylla sehingga dapat meningkatkan penggunaannya dalam ransum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penggunaan Azolla microphylla yang difermentasi dengan Lentinus edodes (AMF) dalam ransum dan mendapatkan batasan level optimum terhadap performa produksi dan kualitas telur ayam ras. Penelitian ini menggunakan 200 ekor ayam ras petelur strain Isa Brown umur 50 minggu dengan produksi telur 80%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan ransum (RA=0 ; RB=10; RC=15; RD=20 dan RE=25% AMF) dengan 4 kali ulangan. Parameter yang diukur adalah performa produksi (konsumsi ransum, produksi telur harian, berat telur, produksi massa telur, dan konversi ransum), income over feed cost serta kualitas telur (indeks telur, skor warna kuning telur, kandungan lemak kuning telur, dan kolesterol kuning telur ayam ras). Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan Azolla microphylla yang difermentasi dengan Lentinus edodes berpengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, produksi telur harian, berat telur, produksi massa telur, konversi ransum, indeks telur dan skor warna kuning telur ayam ras, namun berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan lemak kuning telur dan kolesterol kuning telur ayam ras. Hasil uji DMRT kolesterol kuning telur ayam ras menunjukan bahwa perlakuan RE (25% AMF) nyata (P<0,05) lebih rendah dari perlakuan RD (20% AMF), perlakuan RC (15% AMF), perlakuan RB (10% AMF) dan perlakuan RA (0% AMF). Hasil uji DMRT lemak kuning telur ayam ras menunjukan bahwa perlakuan RE (25% AMF) berbeda tidak nyata (P>0,05) dengan perlakuan RD (20% AMF) tetapi nyata (P<0,05) lebih rendah dari perlakuan RC (15% AMF), perlakuan RB (10% AMF) dan perlakuan RA (0% AMF). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan produk Azolla microphylla yang difermentasi dengan Lentinus edodes sampai dengan penggunaan 25% dalam ransum tidak mengganggu performa produksi dari ayam ras petelur, tetapi dapat meningkatkan kualitas telur ayam ras (penururunan lemak kuning telur dan kolesterol kuning telur). Pada kondisi ini diperoleh performa produksi ayam ras petelur : konsumsi ransum 106,26 g/ekor/hari, produksi telur harian 86,25%, berat telur 60,23 g/butir, produksi massa telur 51,97 g/ekor/hari, konversi ransum 2,05 dan kualitas telur ayam ras: indeks telur 74,58%, skor warna kuning 7,75, kandungan lemak kuning telur 25,90% (penurunan 5,68%), kandungan kolesterol kuning telur 1781,54 mg/100g (penurunan 12,79%) dan income over feed cost Rp 15.026,46/kg telur yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: Ayam ras petelur, Azolla microphylla fermentasi, kualitas telur, Lentinus edodes, performa produksi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:00
Last Modified: 07 Dec 2022 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117807

Actions (login required)

View Item View Item