Pengaruh Penggunaan Kulit Nanas yang Difermentasi dengan 7 Jenis Mikroorganisme dalam Ransum terhadap Performa Karkas Broiler

Putri, Elisa Febria (2022) Pengaruh Penggunaan Kulit Nanas yang Difermentasi dengan 7 Jenis Mikroorganisme dalam Ransum terhadap Performa Karkas Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fermentasi kulit nanas dengan 7 jenis mikroorganisme dapat meningkatkan protein kasar dan menurunkan serat kasar yang diharapkan penggunaannya dalam ransum dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap performa karkas broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dan mendapatkan batasan level optimal penggunaan kulit nanas yang difermentasi dengan 7 jenis mikroorganisme dalam ransum terhadap performa karkas broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOC broiler strain MB 202 yang diberi KNF dalam ransum broiler umur 3 sampai 6 minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan adalah level pemberian KNF yang berbeda dalam ransum: A (0% KNF), B (12% KNF), C (18% KNF), D (24% KNF) dan E (30% KNF). Parameter yang diukur adalah bobot hidup (g/ekor), persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa penggunaan produk KNF dengan 7 jenis mikroorganisme yang berbeda dalam ransum memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup dan persentase karkas serta memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdomen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan kulit nanas yang difermentasi dengan 7 jenis mikroorganisme dapat digunakan sampai level 24% dalam ransum dan dapat mempertahankan performa karkas broiler. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup 2169,98 g/ekor, persentase karkas yaitu 71,67 dan persentase lemak abdomen 0,71.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: Broiler, fermentasi, kulit nanas, performa karkas, 7 jenis mikroorganisme
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:59
Last Modified: 06 Dec 2022 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117795

Actions (login required)

View Item View Item