Evaluasi Nilai Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik, Dan Protein Kasar Secara In Vitro Ransum yang Disuplementasi Dengan Probiotik LIPP

Setiawan, Moch Evan (2022) Evaluasi Nilai Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik, Dan Protein Kasar Secara In Vitro Ransum yang Disuplementasi Dengan Probiotik LIPP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Tugas Akhir utuh)
Tugas Akhir utuh.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan nilai kecernaan dari penambahan Probiotik LIIP dalam ransum ternak ruminasia yang di uji secara in-vitro. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan terdiri dari R0 = Rumput gajah 40% + Konsentrat 60% tanpa Probiotik LIPP (Kontrol), P1 = Rumput gajah 40%+ Konsentrat 60% + Probiotik LIPP 1 ml, P2 = Rumput gajah 40%+ Konsentrat 60% + Probiotik LIPP 1,5 ml, R3 = Rumput gajah 40%+ Konsentrat 60 % + Probiotik LIPP 2 ml. Parameter yang diukur adalah Kecernaan Bahan Kering (KcBK), Kecernaan Bahan Organik (KcBO) dan Kecernaan Protein Kasar (KcPK). Data yang diperoleh dianalisa menggunakan metode analisis sidik ragam dan perbedaan pada masing masing rataan perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisa menunjukkan bahwa penambahan Probiotik LIPP memiliki pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap Kecernaan Bahan Kering, Kecernaan Bahan Organik dan Kecernaan Protein Kasar. Kecernaan Bahan Kering meningkat dari 65,20% sampai 69,28%. Kecernaan Bahan Organik juga meningkat dari rentang 65,38% sampai 69,48%. Dan kecernaan Protein Kasar meningkat dari 65,42% sampai 69,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada perlakuan P2 (Rumput gajah 40%+ Konsentrat 60% + Probiotik LIPP 1,5 ml) meningkatkan dan memberikan hasil tertinggi terhadap Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik dan Protein Kasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir. Mardiati Zain, MS
Uncontrolled Keywords: Probiotik, Ruminansia, Kecernaan, In-vitro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:42
Last Modified: 06 Dec 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117787

Actions (login required)

View Item View Item