Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Robust Spatial Autoregressive (RSAR) Estimasi-M

Halilla, Tasya (2022) Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Robust Spatial Autoregressive (RSAR) Estimasi-M. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Analisis regresi spasial adalah analisis regresi yang digunakan untuk data yang memilki efek spasial. Metode regresi spasial yang menunjukkan adanya efek spasial pada variabel terikatnya disebut dengan Spatial Autoregressive Model (SAR). Pada model regresi spasial dapat terjadi ketidaktepatan dalam memprediksi model dikarenakan adanya observasi yang menyimpang jauh dari observasi lain pada galat model yang disebut dengan spatial outlier. Penanganan outlier ini dapat didekati dengan beberapa metode estimasi robust salah satunya yaitu metode estimasi-M. Kombinasi model SAR dengan metode regresi robust membentuk Robust Spatial Autoregressive Model (RSAR). Penelitian ini dilakukan untuk menentukan model terbaik pada studi kasus kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Model terbaik dianalisis dengan cara membandingkan R^2 dan MSE pada model SAR dan RSAR. Berdasarkan hasil analisis diperoleh R^2 model RSAR lebih besar dibandingkan model SAR dan MSE model RSAR lebih kecil dibandingkan model SAR. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa model RSAR merupakan model terbaik untuk memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Dari model tersebut diperoleh bahwa variabel persentase rumah tangga dengan jenis lantai terluas bukan tanah (X_1), persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap sumber air minum layak (X_2), dan persentase rumah tangga yang memiliki jaminan kesehatan (X_3) terbukti secara signifikan mempengaruhi kemiskinan di Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ferra Yanuar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:23
Last Modified: 02 Dec 2022 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117714

Actions (login required)

View Item View Item