PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG LARVA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens Linnaeus, 1958) DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus Var. Sangkuriang)

Nur, Ainun Br Hasibuan (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG LARVA BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens Linnaeus, 1958) DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus Var. Sangkuriang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
1920422004_NUR AINUN BR HASIBUAN_PENGARUH PENAMBAHAN BSF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var. Sangkuriang) merupakan ikan yang cukup populer karena kandungan gizi yang cukup tinggi. Kebutuhan ikan Lele Sangkuriang setiap daerah mengalami peningkatan. Salah satu kendala yang dihadapi komoditas perikanan adalah mahalnya harga pakan mencapai 50-70% dari biaya produksinya, mahalnya harga tepung ikan dan ketergantungan tepung ikan impor dalam formulasi pakan menjadi kendala besar sehingga perlu dilakukan pakan alternatif pengganti protein tepung ikan yaitu dengan tepung larva BSF. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung larva BSF terhadap uji fisik, organoleptik, kimiawi dan biologis pakan buatan serta hubungan korelasi faktor fisik dan biologis terhadap berat dan panjang ikan dan persentase yang terbaik untuk pertumbuhan ikan lele sangkuriang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Persentase penambahan tepung larva BSF dalam pakan buatan sebanyak 0%, 10%, 20%, 30% dan 40%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung larva BSF berpengaruh signifikan (p<0,05) terhadap kecepatan pecah, dispersi padatan, kecepatan tenggelam dan daya lezat, tekstur,warna, berat mutlak, laju berat harian, rasio efisiensi protein, efisiensi pemanfaatan pakan dan rasio konversi pakan. Faktor fisik dan biologis memiliki pola hubungan linier dan kuadrat terhadap berat dan panjang ikan. Substitusi tepung ikan sebesar 30 dan 40% merupakan pertumbuhan yang optimal. Kata kunci: Black soldier fly, kualitas pakan, ikan lele sangkuriang

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Black soldier fly, kualitas pakan, ikan lele sangkuriang
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:39
Last Modified: 30 Nov 2022 08:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117663

Actions (login required)

View Item View Item