Pengaruh pemberian beberapa dosis pupuk feses sapi terhadap kandungan fraksi serat rumput gajah (pennisetum purpureum) cv. Thailand yang diinokulasi dengan fungi mikoriza arbuskula (FMA) pada tanah ultisol

Rahmad, Hidayat (2022) Pengaruh pemberian beberapa dosis pupuk feses sapi terhadap kandungan fraksi serat rumput gajah (pennisetum purpureum) cv. Thailand yang diinokulasi dengan fungi mikoriza arbuskula (FMA) pada tanah ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Bab. V. Penutup)
bab V. Penutup (1).pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka (1).pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Full skripsi)
skripsi rahmad.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mandapatkan dosis pupuk feses sapi yang diinokulasi dengan Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) yang optimal terhadap kandungan fraksi serat, yaitu kandungan Neutral Detergent Fiber (NDF), Acid Detergent Fiber (ADF), selulosa dan hemiselulosa rumput gajah (Pennisetum purpureum) cv. Thailand atau rumput pakchong pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 macam perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah Perlakuan A = Pemberian pupuk feses sapi 5 ton/ha + pupuk N, P, K; B = Pemberian pupuk feses sapi 5 ton/ha + FMA 10 g/rumpun; C = Pemberian pupuk feses sapi 10 ton/ha + FMA 10 g/rumpun; D = Pemberian pupuk feses sapi 15 ton/ha + FMA 10 g/rumpun dan E = Pemberian pupuk feses sapi 20 ton/ha + FMA 10 g/rumpun. Parameter yang diamati adalah kandungan NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk feses sapi kepada rumput pakchong yang diinokulasi dengan FMA pada berbagai dosis memberikan efek berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan NDF: 71,197 - 71,509%, ADF: 45,147 – 45,941%, selulosa: 35,191 – 35,903% dan hemiselulosa: 25,568 – 26,050%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk feses sapi kepada rumput pakchong yang diinokulasi dengan FMA yang terbaik terdapat pada perlakuan E dengan dosis pupuk feses sapi 20 ton/ha + FMA 10 g/rumpun. KATA KUNCI: FMA, Fraksi Serat, Pupuk Feses Sapi, Rumput Pakchong, Tanah Ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:35
Last Modified: 29 Nov 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117633

Actions (login required)

View Item View Item