ANALISIS KINERJA PELAYANAN PEMBAYARAN REKENING AIR SECARA ONLINE DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PADANG PANJANG

ALFIE, SYAHRIN (2022) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PEMBAYARAN REKENING AIR SECARA ONLINE DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Bismillah Skripsi Fixx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan pembayaran rekening air secara online di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang. PDAM Kota Padang Panjang sebagai BUMD daerah yang bertujuan untuk menyelenggarakan air bersih dan sebagai sumber pendapatan daerah menghadirkan sebuah inovasi dalam pelayanan pembayaran rekening air dengan tujuan memudahkan pelanggan dalam membayarkan tagihan rekening air agar efisiensi penagihan yang dilakukan oleh PDAM kepada pelanggan dapat meningkat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori balanced e-government scorecard oleh Booz, Allen dan Hamilton bersama Bertelsmann Foundation mengenai mengukur kinerja e-government oleh pemerintah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pemilihan informan adalah teknik purposive sampling, dan menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah kinerja pelayanan pembayaran rekening air secara online yang diterapkan oleh PDAM sudah berjalan baik itu dari segi PDAM sebagai BUMD maupun dari pelanggan sebagai pengguna layanan, tetapi masih ada beberapa indikator yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya yaitu dimensi manfaat pada indikator akses layanan one stop shop. Pada indikator tersebut pelayanan pembayaran rekening air secara online memang tidak memiliki layanan one stop shop karena fokus utamanya untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan rekening air setiap bulan. Kemudian pada dimensi partisipasi, yaitu tersedianya fasilitas penyampaian aspirasi dan akses langsung stakeholder melalui web. Pada indikator tersebut masih belum tersedia karena fokusnya adalah memastikan pelanggan mudah dalam membayar tagihan air setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kinerja, E-government, Pembayaran Online
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:56
Last Modified: 29 Nov 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117619

Actions (login required)

View Item View Item