ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RASIDIN)

DISSA, ELVARETTA (2015) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RASIDIN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502242352th_skripsi dissa elvaretta 1010533002_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin (RSUD dr. Rasidin) dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, dari aspek keuangan dan non-keuangan. Sebagai rumah sakit milik pemerintah, RSUD dr. Rasidin harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengukur aspek non-keuangan bukan mengukur aspek keuangan saja. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder serta data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data primer dengan menggunakan instrumen kuesioner, responden penelitian terdiri dari pelanggan dan karyawan. Metode penarikan sampel adalah non-probability sampel yaitu menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data selama 3 tahun yaitu tahun 2011 hingga 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kinerja RSUD dr. Rasidin berdasarkan empat perspektif Balanced Scorecard cukup baik. Pada perspektif keuangan, berdasarkan pertumbuhan pendapatan mengalami peningkatan dari tahun 2011- 2013, TATO tahun 2013 menurun. Beban mengalami penurunan, target dan realisasi pendapatan mengalami penurunan dan ROI mengalami penurunan. Dari perpektif pelanggan, akuisisi pelanggan mengalami peningkatan terutama untuk pelayanan rawat jalan. Kepuasan pelanggan juga cukup tinggi. Dari perspektif proses bisnis internal RSUD dr. Rasidin mengalami peningkatan. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, produktvitas karyawan meningkat, retensi karyawan tinggi, kepuasan karyawan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 27 Jun 2016 08:52
Last Modified: 27 Jun 2016 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

View Item View Item