PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH SECARA ELEKTRONIK PADA UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KOTA PADANG

FACHRI, ATZAL CHAIREZI (2015) PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH SECARA ELEKTRONIK PADA UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201502231023rd_skripsi-pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Pengadaan barang dan jasa dimulai dari adanya transaksi pembelian dan penjualan barang di pasar secara langsung (tunai), kemudian berkembang ke arah pembelian berjangka waktu pembayaran, dengan membuat dokumen pertanggungjawaban (pembeli dan penjual), dan pada akhirnya melalui pengadaan melalui proses pelelangan. Dalam prosesnya pengadaan barang dan jasa melibatkan beberapa pihak terkait sehingga perlu ada etika, norma, dan prinsip pengadaan barang dan jasa untuk dapat mengatur atau yang dijadikan dasar penetapan kebijakan pengadaan barang dan jasa.1 Banyaknya jumlah dan jenis barang yang akan dibeli tentunya akan membutuhkan waktu lama bila harus dilakukan tawar-menawar. Biasanya pengguna akan membuat daftar jumlah dan jenis barang yang akan dibeli secara tertulis, yang selanjutnya diserahkan kepada penyedia barang agar mengajukan penawaran secara tertulis pula. Daftar barang yang disusun secara tertulis tersebut merupakan asal usul dokumen pembelian, sedangkan penawaran harga yang dibuat secara tertulis merupakan asal usul dokumen penawaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 27 Jun 2016 08:45
Last Modified: 27 Jun 2016 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item