Pemeliharaan Ternak Itik dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Kelompok Maju Bersama di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman)

Dina, Fitri (2022) Pemeliharaan Ternak Itik dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Kelompok Maju Bersama di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak Fitri.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Fitri.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Fitri.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Fitri.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Fulltext Skripsi)
Full Skripsi Fitri Dina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting pemeliharaan ternak itik dan kontribusinya terhadap pendapatan keluarga di Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Penelitian menggunakan metode survei terhadap 6 responden peternak itik dengan alat pengambilan data berupa kuisioner. Fokus data yang dikumpulkan yaitu: karakteristik peternak (umur, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman beternak, mata pencaharian pokok, dan jumlah tanggungan keluarga), dan kondisi eksisting pemeliharaan ternak itik (jumlah ternak yang dipelihara, tujuan pemeliharaan, sistem pemeliharaan, dan penerapan aspek panca usaha) serta pendapatan rumah tangga/keluarga (sumber pendapatan, pendapatan dari usaha non tani, pendapatan dari usaha tani, pendapatan dari usaha ternak itik dan pendapatan total rumah tangga/keluarga). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa itik dipelihara dengan jumlah yang relatif sedikit berkisar antara 100–400 ekor saja, hal tersebut yang juga menyebabkan ternak itik hanya sebagai usaha sampingan/tambahan, ternyata mayoritas pekerjaan utama peternak bukan bekerja sebagi petani. Pemeliharaan dilakukan secara semi intensif dan penerapan aspek panca usaha ternak hanya dalam kategori cukup baik. Kontribusi usaha pemeliharaan ternak itik terhadap pendapatan keluarga di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman yaitu sebesar 17% dari total pendapatan rumah tangga/keluarga. Kata Kunci : Kondisi Eksisting, Pendapatan, Ternak Itik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:31
Last Modified: 16 Nov 2022 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117440

Actions (login required)

View Item View Item