Yulisa, Agustina Tarihoran (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA CV BUMI PARIGI KECAMATAN TALAWI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Penutup)
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Retail modern mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir, berhasil melonjak mencapai 10.044 toko sehingga mencapai angka 36.146 toko pada tahun 2020 (Databoks, 2021). Namun, retail modern yang berkembang saat ini masih terkendala dalam memasarkan produknya kepada konsumen, bahkan ada yang mengalami kerugian hingga menutup usahanya karena faktor rendahnya penjualan (TrenAsia, 2021). CV Bumi Parigi merupakan salah satu retail modern yang terletak di Desa Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. CV Bumi Parigi menjual produknya kepada karyawan PT Kharisma, pegawai PLN, dan warga sekitar. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, Direktris CV Bumi Parigi menyebutkan bahwa perusahaan saat ini masih terkendala dalam mencapai target yaitu jumlah pembelian dan kunjungan karyawan PT Kharisma selama empat tahun terakhir masih jauh dari target yang ditetapkan. Selain itu, penjualan kepada pegawai PLN dan warga sekitar tidak stabil. Rendahnya jumlah pembelian dan kunjungan pelanggan di CV Bumi Parigi mengakibatkan perputaran produk kurang efektif, bahkan ada yang tidak terjual hingga melewati tanggal kadaluarsa (expired). Disisi lain, peneliti menemukan bahwa produk yang ditawarkan CV Bumi Parigi belum lengkap dibandingkan produk pesaing, belum melakukan promosi terhadap produknya, dan lokasi yang kurang strategis karena struktur jalan yang lebih tinggi dari toko. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk dan kunjungan pelanggan di CV Bumi Parigi. Dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat digunakan perumusan strategi. Tahapan awal perumusan strategi yang telah dilakukan adalah analisis faktor lingkungan pemasaran yang terdiri dari lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pemasaran perusahaan. Kemudian dilakukan analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFE dan EFE yang menguraikan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada perusahaan. Tahap kedua adalah menentukan strategi berdasarkan lingkungan perusahaan menggunakan matriks IE (Internal-External) yang menunjukkan posisi perusahaan dan matriks SWOT yang memberikan usulan alternatif strategi pada perusahaan. Tahap ketiga merupakan tahapan keputusan yang dilakukan untuk memilih strategi prioritas atau strategi yang terlebih dahulu diimplementasikan pada perusahaan menggunakan metode QSPM. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah strategi pemasaran yang tepat berdasarkan nilai TAS (Total Atractive Score) tertinggi pada metode QSPM. Strategi prioritas yang dihasilkan adalah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dengan nilai TAS sebesar 7,018, meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan dengan nilai TAS sebesar 6,993, dan meningkatkan kelengkapan serta ketersediaan produk dengan nilai TAS 6,272. CV Bumi Parigi sebaiknya menerapkan strategi prioritas yang telah diperoleh agar dapat meningkatkan penjualan produk dan kunjungan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ir. Taufik, M.T. Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng. |
Uncontrolled Keywords: | Bumi Parigi, Analisis SWOT, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:05 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:05 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117354 |
Actions (login required)
View Item |