ANALISIS INTEGRASI SAPI POTONG DAN TANAMAN KAKAO (STUDI KASUS PT. TRI BAKTI SARIMAS LUBUK JAMBI) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

ENDRES, GERESTEGI (2015) ANALISIS INTEGRASI SAPI POTONG DAN TANAMAN KAKAO (STUDI KASUS PT. TRI BAKTI SARIMAS LUBUK JAMBI) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
201504291503th_skripsi endres gerestegi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi sapi potong dengan tanaman kakao, kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan integrasi serta, kontribusi pendapatan yang diperoleh dari integrasi sapi potong dan tanaman kakao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang digunakan adalah data sekunder dari perusahaan untuk mengcroscek digunakan beberapa orang instrument kunci seperti petugas kandang, petugas kebun kakao dan kepala bagian sapi potong dan kebun kakao. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui pengamatan langsung terhadap usaha integrasi tanaman kakao dengan sapi potong yang dilakukan di PT. Tri Bakti Sarimas, Kecamatan Kuantan Mudik, Teluk Kuantan Riau. Keseluruhan objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kegiatan usaha ternak sapi yang dilakukan melalui system integarasi sapi potong dengan tanaman kakao di PT. Tri Bakti Sarimas. Terdiri dari usaha sapi potong, usaha tani tanaman kakao, pengolahan limbah sapi potong dan pengolahan limbah kakao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sapi potong dengan tanaman kakao yaitu pemanfaatan fermentasi kakao akan dapat meningkatakan produksi pada sapi potong apabila pemberian pakan fermentasi sesuai dengan bobot badan ternak itu sendiri dengan tambahan pakan hijauan, kendala yang dihadapi dalam penerapan integrasi adalah terjadinya pengurangan penggunaan pupuk organik terhadap tanaman kakao dan peningkatan sisa hasil tanaman perkebunan untuk pakan ternak ruminansia belum terpenuhi, total pendapatan sapi potong yang diperoleh PT. Tri Bakti Sarimas pada tahun 2013 sebesar Rp 3.279.217.531,- dan pendapatan kakao sebesar Rp 17.262.262.628.327,-. kontribusi pendapatan usaha sapi potong 15,96% dan kontribusi pendapatan usaha kakao 84,04%. Kata kunci : Integrasi, sapi potong, tanaman kakao.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:46
Last Modified: 27 Jun 2016 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item