STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA INTI DENGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DALAM MEMPERSIAPKAN TAS SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DI RW 11 PASIE NAN TIGO

Mutiara, Yerivanda (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN KELUARGA INTI DENGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DALAM MEMPERSIAPKAN TAS SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DI RW 11 PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01. Abstrak.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
02. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
03. BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir full text)
05. KARYA ILMIAH AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tas Siaga Bencana merupakan tas yang dipersiapkan anggota keluarga untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana. Akibat yang ditimbulkan jika keluarga tidak mempersiapkan tas siaga bencana yaitu ketika terjadi bencana secara mendadak, masyarakat tidak dapat mengevakuasi diri lebih cepat dan terkena dampak yang lebih besar diakibatkan oleh bencana. Hasil survey awal mahasiswa, juga ditemukan bahwa sebanyak 100% keluarga tidak pernah mendapatkan pelatihan kebencanaan sebelum diberikan sosialisasi oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Kesiapsiagaan Keluarga Inti Dengan Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Dalam Persiapan Tas Siaga Bencana Di RW 11 Pasia Nan Tigo. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian 4 partisipan. Data penelitian diambil dengan menggunakan Instrumen yaitu lembar pedoman wawancara semi terstruktur. Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan tiga tema yaitu, fungsi tas siaga bencana, komponen tas siaga bencana dam persiapan tas siaga bencana. Keluarga diharapkan dapat mempersiapkan tas siaga bencana dan mensosialisasikannya kepada anak terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yaitu berupa tas siaga bencana, bagi tenaga keperawatan selalu memberikan informasi secara periodik kepada keluarga mengenai tas siaga bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan keluarga dengan anak usia sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi, sehingga keluarga mampu mengaplikasikannnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Tas Siaga Bencana, Keluarga, Anak usia sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:42
Last Modified: 04 Nov 2022 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117289

Actions (login required)

View Item View Item