SKRIPSI SARJANA FARMASI FERMENTASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER BAKTERI ENDOFIT YANG DIISOLASI DARI BATANG PADI (Oryza sativa L.)

FUJI HAFIFAH, FUJI HAFIFAH (2022) SKRIPSI SARJANA FARMASI FERMENTASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI METABOLIT SEKUNDER BAKTERI ENDOFIT YANG DIISOLASI DARI BATANG PADI (Oryza sativa L.). Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
Cover dan abstrak_Fuji hafifah.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Pendahuluan_Fuji Hafifah.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI SARJANA FARMASI_FUJI HAFIFAH..pdf

Download (3MB)

Abstract

Bakteri endofit merupakan bakteri hidup dalam jaringan tumbuhan yang bersimbiosis mutualisme dengan inangnya diketahui bahwa bakteri endofit dapat menghasilkan metabolit sekunder yang hampir sama terhadap inangnya. Isolat bakteri endofit diperoleh dari isolasi batang padi (Oryza sativa L.) yang memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri endofit dari batang padi (Oryza sativa L.) dan melihat aktivitas antibakteri dari metabolit sekunder terhadap bakteri patogen Staphylococcus aureus ATCC 25157, Escherichia coli ATCC 8739 dan Methilcillin-Resistant Staphylococcus aureus ATCC 43300. Berdasarkan hasil isolasi diperoleh sebanyak tujuh isolat bakteri endofit. Masing-masing isolat difermentasi dengan media molase pada konsentrasi 1%, 5% dan 10% menggunakan incubator shaker dengan waktu pencuplikan tiap 6 jam selama 54 jam. Hasil fermentasi disentrifus untuk memisahkan supernatan dan biomassa sel bakteri endofit. Supernatan yang diperoleh digunakan untuk uji aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi Kirby-Bauer dan diekstraksi menggunakan pelarut etil asetat. Berdasarkan hasil penelitian uji aktivitas antibakteri diperoleh tiga isolat yang memiliki aktivitas antibakteri dengan diameter daya hambat >10 mm yaitu isolat 1, isolat 4 dan isolat 7. Pemeriksaan metabolit sekunder dilakukan terhadap tiga isolat yang memiliki aktivitas antibakteri tersebut, isolat 1 mengandung senyawa flavonoid dan polifenol, isolat 4 mengandung senyawa flavonoid, tannin dan saponin sedangkan pada isolat 7 mengandung senyawa flavonoid dan steroid. Isolat yang memiliki aktivitas antibakteri diidentifikasi secara biokimia di Laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi dengan hasil isolat 1 merupakan Achromobacter sp, isolat 4 merupakan Bacillus sp 1 dan isolat 7 merupakan Bacillus sp 3. Kata Kunci : bakteri endofit, metabolit mekunder, Oryza sativa L., antibakteri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: magang unp 2022
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:14
Last Modified: 02 Nov 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117274

Actions (login required)

View Item View Item