Optimasi Absorpsi Cahaya Menggunakan Nanopartikel AgSiO2 Pada Lapisan Aktif Sel Surya Organik Menggunakan Metode Element

Fahendri, Fahendri (2022) Optimasi Absorpsi Cahaya Menggunakan Nanopartikel AgSiO2 Pada Lapisan Aktif Sel Surya Organik Menggunakan Metode Element. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Tesis fulltext)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Telah dilakukan simulasi peningkatan serapan cahaya pada sel surya organik (OSC) dengan nanopartikel AgSiO2 secara numerik menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran inti, ketebalan cangkang dan posisi optimum nanopartikel AgSiO2 pada lapisan aktif sel surya organik. Ukuran nanologam Ag divariasikan dari 20 sd 50 nm, ketebalan shell SiO2 divariasikan 1 sd 4 nm, posisinya digeser antara lapisan PEDOT:PSS dan P3HT:PCBM dengan ketebalan 70 nm. Hasil perhitungan didapatkan ukuran diameter Ag yang optimal adalah 40 nm, ketebalan SiO2 yang optimal adalah 1 nm dan posisi pada lapisan aktif adalah h = +14 nm dari pusat kedua lapisan. Peningkatan penyerapan cahaya yang diperoleh mencapai 199% dibandingkan OSC tanpa nanopartikel. Peningkatan penyerapan diperoleh dari fenomena Surface Plasmon Resonance (SPR). Ketika sudut pusat core digeser terhadap pusat shell sejauh 1 nm pada ketebalan SiO2 1 nm peningkatan menjadi 205% dan pergeseran core terhadap shell dalam arah sudut 270o peningkatan penyerapan cahaya menjadi 246%. Penambahan peningkatan penyerapan disebabkan oleh resonansi Fano yang dapat meningkatkan lokalisasi medan dekat disekitar permukaan nanopartikel.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Muldarisnur, Dr.rer.nat
Uncontrolled Keywords: OSC, FEM, nanopartikel AgSiO2, SPR, resonansi Fano
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 fisika fisika
Date Deposited: 29 Oct 2022 06:41
Last Modified: 29 Oct 2022 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117201

Actions (login required)

View Item View Item