PENGARUH APLIKASI LAPISAN LILIN LEBAH TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH PISANG KEPOK TANJUNG (Musa paradisiaca L.) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG

Rini Aprilia, Asnad (0028) PENGARUH APLIKASI LAPISAN LILIN LEBAH TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH PISANG KEPOK TANJUNG (Musa paradisiaca L.) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Rini Aprilia Asnad.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Buah pisang sangat banyak diminati masyarakat karena sangat mudah didapat dan juga sangat mudah dikonsumsi. Buah pisang biasanya banyak ditemukan di pasaran. Biasanya, buah pisang sering dijumpai dalam kondisi visual yang kurang bagus yaitu bagian kulit yang menghitam, terdapat noda kecokelatan berbentuk bintik-bintik, lecet hingga mengalami kerusakan. Hal ini karena buah pisang termasuk ke dalam buah klimaterik yang mudah rusak karena buah pisang setelah panen masih mengalami proses respirasi. Buah pisang yang dipanen dalam keadaan kelewat tua justru akan mempercepat proses kematangan pisang. Ada banyak cara untuk memperpanjang umur simpan pisang salah satunya dengan lapisan lilin lebah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang terjadi pada perlakuan lapisan lilin lebah buah pisang kepok dan menentukan konsentrasi lapisan lilin lebah terbaik yang dapat digunakan untuk mempertahankan umur simpan pisang dalam suhu ruang dengan parameter yang di uji yaitu susut bobot, kekerasan, kadar air, total padatan terlarut, vitamin c, warna dan organoleptik. Buah pisang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buah pisang kepok tanjung dengan jumlah buah per perlakuan sebanyak 30 buah. Penelitian ini menggunakan analisis Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yaitu konsentrasi lapisan lilin lebah 0%,4%,8% dan 12%. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa perlakuan lapisan lilin lebah terbaik yaitu dengan konsentrasi 12% yang mampu memperpanjang umur simpan buah pisang kepok tanjung selama 13 hari sedangkan pada perlakuan tanpa lapisan lilin lebah buah pisang kepok tanjung memiliki umur simpan 8 hari penyimpanan pada suhu ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dinah Cherie, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pisang Kepok Tanjung, Lapisan Lilin Lebah, Umur simpan, Suhu ruang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 29 Oct 2022 02:13
Last Modified: 29 Oct 2022 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117179

Actions (login required)

View Item View Item