DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG MENGAKIBATKAN MATI PADA PENGADILAN NEGERI BUKITTINGGI (Studi Kasus Putusan Nomor 03/Pid.sus-Anak/2021/Pn Bkt)

Rahmadani Fadillah, Febrinaldi (2022) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG MENGAKIBATKAN MATI PADA PENGADILAN NEGERI BUKITTINGGI (Studi Kasus Putusan Nomor 03/Pid.sus-Anak/2021/Pn Bkt). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Skrpsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kekerasan terhadap yang mengakibatkan mati dilakukan oleh anak adalah salah satu tindak pidana yang meresahkan di tengah masyarakat, sebgaimana diatur dalam Pasal 76 C Jo Pasal 80 Ayat (3) Undang-Undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2012 Tentang Perlindungan Anak. Dimana salah satu kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak terjadi di Kota Bukittinggi yang mengakibatkan mati. Hakim dalam putusan No 03/Pid.Sus-Anak/2021/PN Bkt menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa, sedangkan dalam pertimbangannya, hakim tidak maksimal mempertimbangkan fakta-fakta hukum yang ditemukan pada persidangan serta poin-poin penting dari Laporan Penelitian Kemasyarakatan (LITMAS). Peneliti dalam Studi kasus ini merumuskan masalah sebagai berikut:1) Apa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan mati pada Pengadilan Negeri Bukittinggi pada kasus nomor 03/Pid.sus-Anak/2021/Pn Bkt. 2) Bagaimana akibat hukum dari putusan hakim dalam perkara pidana kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan mati dilakukan oleh anak pada Pengadilan Negeri Bukittinggi yang tidak mempertimbangkan laporan penelitian kemasyrakatan (LITMAS) pada kasus nomor 03/Pid.sus-Anak/2021/Pn Bkt. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian yuridis-normatif dengan sumber data sekunder yang mencakup baha hukum primer, sekunder dan tersier. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa hakim mempertimbangkan putusan berdasarkan pertimbangan hakim secara yuridis dan juga non yuridis, lalu sesuai dengan pasal 70 UU SPPA maka hakim dapat mempertimbangkan keadaan pribadi anak, atau keadaan pada waktu dilakukan perbuatan atau yang terjadi kemudian dan hal ini dapat ditemukan pada rangkuman LITMAS juga fakta-fakta dipersidangan. akibat yang ditimbulkan dari putusan hakim yang tidak mempertimbangkan LITMAS adalah batal demi hukum sesuai dengan Pasal 60 Ayat (4) Undang-undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak, selain itu perkara juga dapat diperiksa ulang dan putusan diperbaiki. Key word/ Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, LITMAS, Kekerasan, Akibat hukum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:10
Last Modified: 28 Oct 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117162

Actions (login required)

View Item View Item