Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi Terhadap Kadar Nitrit Oksida dan Aliran Darah Tikus Hipertensi

Puti, Khairunnisa Amar (2022) Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi Terhadap Kadar Nitrit Oksida dan Aliran Darah Tikus Hipertensi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi stres oksidatif yang terjadi pada saat hipertensi memungkinkan pengobatan hipertensi berbasis antioksidan. Antioksidan diduga secara tidak langsung mampu meningkatkan kadar nitrit oksida darah yang berperan sebagai vasodilator. Melalui mekanisme ini, gambir yang dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi diharapkan mampu menjadi agen antihipertensi, sehingga dinilai perlu untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan lama pemberiannya terhadap kadar nitrit oksida serta aliran darah pada tikus hipertensi pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 15 ekor tikus putih jantan hipertensi yang dibagi menjadi 5 kelompok uji, yaitu kelompok kontrol, pembanding, dan 3 kelompok yang diberi gambir terpurifikasi dengan dosis 2,5;5; dan 10 mg/kgBB. Sediaan uji diberikan sebanyak satu kali sehari selama 14 hari. Pengukuran aliran dan volume darah dilakukan pada hari ke- 1,3,7, dan 14 dengan alat CODA®. Sedangkan, kadar nitrit oksida darah ditentukan pada hari ke-0 dan 14 dengan metode ELISA. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk persen perubahan parameter dan dianalisis menggunakan uji ANOVA serta uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambir terpurifikasi secara signifikan menurunkan aliran dan volume darah pada tikus hipertensi dengan pemberian dosis 2,5;5; dan 10 mg/kgBB. Sedangkan kadar nitrit oksida darah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pemberian dosis 2,5 dan 5 mg/kgBB (p<0,05). Hasil penelitian ini tidak menunjukkan adanya pengaruh lama pemberian terhadap perubahan parameter aliran dan volume darah (p>0,05). Serta, belum dapat diamati perubahan kadar nitrit oksida darah pada lama pemberian gambir terpurifikasi yang berbeda. Kata kunci : gambir terpurifikasi, Uncaria gambir Roxb., nitrit oksida, aliran darah, hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Armenia, MS., Ph.D
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:35
Last Modified: 28 Oct 2022 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117135

Actions (login required)

View Item View Item