PENGARUH PENAMBAHAN ZIRCONIUM OXIDE TERHADAP KETAHANAN RETAK LAPISAN HIDROKSIAPATIT Ti-6Al-4V ELI MELALUI METODE DIP COATING

SANNY, ARDHY (2022) PENGARUH PENAMBAHAN ZIRCONIUM OXIDE TERHADAP KETAHANAN RETAK LAPISAN HIDROKSIAPATIT Ti-6Al-4V ELI MELALUI METODE DIP COATING. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. LAPORAN 2-DAFTAR PUSTAKA-2.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (Disertasi Fulltext)
5. DISERTASI SANNY-BARU(2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kegagalan implan disebabkan kurang kuatnya daya rekat lapisan hidroksiapatit (HA) pada permukaan material implan. Kondisi ini menyebabkan proses osseointegrasi tidak berfungsi sempurna di dalam tubuh. Karena itu, dilakukan penambahan Zirconium Oxide (ZrO2) ke dalam suspensi HA untuk mengurangi retak lapisan pada permukaan material implan Ti-6Al-4V ELI. Suspensi HA komersil ukuran nano ditambah ZrO2 (17 wt% dan 20 wt%; weight) dalam proses pelapisan dengan menggunakan metode celup cepat (dip coating). Untuk pemadatan lapisan, spesimen uji dipanaskan pada temperatur 800, 900 dan 950 0C. Untuk mengetahui lapisan tipis dan merata, dilakukan pengukuran ketebalan dan surface coverage. Pemeriksaan retak dilihat dengan menggunakan Scanning Electrone Microscope (SEM). Lanjutnya, untuk mengetahui kekuatan adhesi lapisan, digunakan metode uji potong silang (cross-cut tape test). Hasil penelitian didapat, penambahan ZrO2 dapat meningkatkan kekuatan lapisan adhesi. Ini dibuktikan dengan nilai daerah lapisan terkelupas (removed area) yang kecil, sebesar 2 % pada lapisan HA dengan penambahan 20 wt% ZrO2 pada T sintering 900 0C. Lapisan yang didapat juga bersifat tipis dan merata dengan nilai surface coverage 89,58 % dan ketebalan 90,80 μm. Sudut kontak lapisan yang didapat juga kecil, sebesar 59,5190 (bersifat hidrofilik). Peningkatan daya rekat ini, juga dapat mengurangi retak pada lapisan HA. Spesimen uji juga bersifat bioaktif, ini dilihat dari adanya penumpukan Kalsium Pospat pada permukaan lapisan. Nilai rasio Calcium/Phospate (Ca/P) terbaik yang didapat pada penelitian ini sebesar 1,62 pada minggu keempat perendaman dalam larutan Hank’s. Material Ti-6Al-4V ELI juga bersifat biokompatibel, tidak memberikan efek toksik, karena persen sel hidup > 60 %. Lapisan HA yang memiliki daya rekat dan sifat bioaktif yang baik ini, diharapkan dapat meningkatkan osseointegrasi dan mereduksi efek peradangan implan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Gunawarman, MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:50
Last Modified: 28 Oct 2022 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117109

Actions (login required)

View Item View Item