ISOLASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI EKSTRAK DIKLOROMETANA DAUN BUNGA BANGKAI (Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson) DAN UJI TOKSISITAS MENGGUNAKAN METODE Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Suharnal, Suharnal (2022) ISOLASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI EKSTRAK DIKLOROMETANA DAUN BUNGA BANGKAI (Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson) DAN UJI TOKSISITAS MENGGUNAKAN METODE Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI OKE upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI ISOLASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI EKSTRAK DIKLOROMETANA DAUN BUNGA BANGKAI (Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson) DAN UJI TOKSISITAS MENGGUNAKAN METODE Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) Oleh: Suharnal (Bp: 1710412027) Bustanul Arifin, M.Si*, Dr. Suryati* *Pembimbing Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson atau disebut juga bunga bangkai merupakan umbi-umbian yang tumbuh secara liar di alam. Spesies tumbuhan ini bukan termasuk tumbuhan yang dilindungi. Bunga bangkai ini biasanya digunakan sebagai obat tradisional yang memberikan banyak khasiat obat seperti obat wasir, rematik akut, pembekuan paru-paru dan asma. Banyaknya manfaat yang terdapat pada tumbuhan bunga bangkai menjadikan spesies ini menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini telah dilakukan isolasi terhadap fraksi diklorometana menggunakan kromatografi kolom dan karakterisasi senyawa murni menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan IR. Hasil yang didapatkan pada spektrum UV dengan panjang gelombang 267 nm. Spektrum IR menunjukkan bahwa serapan pada bilangan gelombang 3346,50 cm-1 diduga adalah serapan ulur (stretching) dari gugus hidroksil O-H. 2933,73 cm-1 dengan bentuk pita tajam merupakan serapan ulur (stretching) C-H alifatik. Serapan bilangan gelombang 1462,04 cm-1 dan 1377,55 cm-1 dengan bentuk pita tajam menunjukkan adanya geminal dimetil yang merupakan ciri khas dari senyawa terpenoid. Serapan bilangan gelombang 1244,09 cm-1 – 1045,42 cm-1 mengindikasikan adanya gugus C-O. Hasil uji toksisitas terhadap senyawa ini dilakukan dengan metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test) dengan menggunakan hewan uji Artemia salina Leach, sehingga didapatkan nilai LC50 sebesar 94,1239 mg/L yang menunjukkan bahwa senyawa ini bersifat toksik. Kata Kunci: Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson, Kromatografi Kolom, BSLT, Artemia salina Leach

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:24
Last Modified: 28 Oct 2022 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117080

Actions (login required)

View Item View Item