PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI SARI BUAH CIPLUKAN (Physalis angulata L.) TERHADAP KARAKTERISTIK PERMEN KERAS (Hard Candy)

Ihsan, M. Akmalul (2022) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI SARI BUAH CIPLUKAN (Physalis angulata L.) TERHADAP KARAKTERISTIK PERMEN KERAS (Hard Candy). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL M.AKMALUL IHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)

Abstract

Buah ciplukan memiliki senyawa yang bersifat sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah ciplukan terhadap karakteristik kimia, fisik dan organoleptik permen keras dan untuk mengetahui penambahan sari buah ciplukan yang tepat untuk menghasilkan karakteristik permen keras terbaik dan disukai panelis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan sari buah ciplukan yaitu A (3%), B (6%), C (9%), D (12%) dan E (15%). Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan uji lanjut dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan penambahan sari buah ciplukan pada permen keras berpengaruh nyata pada taraf 5% terhadap nilai pH, kadar air, kadar abu, kadar gula reduksi, sukrosa, total polifenol, vitamin C, aktivitas antioksidan, kekerasan dan uji organoleptik (warna) tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap uji organoleptik (rasa, aroma dan tekstur). Perlakuan terbaik adalah perlakuan C (sari buah ciplukan 9%) dengan nilai kesukaan panelis terhadap warna 4,25 (suka), aroma 3,80 (suka), rasa 4,10 (suka), tekstur 3,90 (suka), kekerasan (12,45 N/cm2), nilai pH (4,23), kadar air (2,54%), kadar abu (0,31%), kadar gula reduksi (16,10%), sukrosa (55,04%), total polifenol (1,09 mg GAE/g), vitamin C (22,53 mg/100g), aktivitas antioksidan (54,98%) dan nilai Angka Lempeng Total (3,8 x 102 CFU/g). Kata Kunci — karakteristik, permen keras, sari buah ciplukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP., MP., Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:47
Last Modified: 28 Oct 2022 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117026

Actions (login required)

View Item View Item