KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum rhizome)

Efendi, M. Akbar Bolqiah (2022) KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum rhizome). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB V PENTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL TEXT M. AKBAR BOLQIAH E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan ekstrak kelopak bunga rosella dengan ekstrak jahe merah terhadap karakteristik kimia, fisik dan organolepik minuman fungsional. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian adalah pencampuran ekstrak kelopak rosella dan ekstrak jahe merah A (100% : 0%), B (95% : 5%), C (90% : 10%), D (85% : 15%), (80% : 20%). Data penelitian dianalisis statistika secara Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan analisis Duncans’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak jahe merah berpengaruh nyata terhadap analisis warna, total padatan terlarut, kadar vitamin C, nilai pH, aktivitas antioksidan, analisis antosianin, kadar gula total, angka lempeng total maupun organoleptik pada aroma dan rasa minuman fungsional dari ekstrak kelopak bunga rosella. Tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap uji organoleptik warna. Perlakuan terbaik berdasarkan analisis sifat fisik, kimia, dan mikro pada minuman fungsional ekstrak rosella adalah dengan perlakuan C dengan penambahan ekstrak jahe merah sebesar 10% dengan nilai rata-rata sebagai berikut: analisis warna (0Hue) menghasilkan warna merah (35,53), total padatan terlarut (9,73 0Brix) pH (4,83), vitamin C (13,61 mg/100 g), antosianin (38,46 mg/L), antioksidan (48,12%), gula total (3,59%), angka lempeng total (3,83 x 103 cfu/g) dan nilai penerimaan organoleptik dengan parameter rata-rata kesukaan panelis terhadap warna 3,70 (suka), aroma 4,30 (suka), dan rasa 4,15 (suka). Kata Kunci : ekstrak kelopak bunga rosella, ekstrak jahe merah, karakteristik, minuman fungsional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:49
Last Modified: 28 Oct 2022 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117023

Actions (login required)

View Item View Item