PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT BAYI BARU LAHIR AKIBAT PERBEDAAN WAKTU PENJEPITAN TALI PUSAT

NURIAH, ARMA (2015) PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT BAYI BARU LAHIR AKIBAT PERBEDAAN WAKTU PENJEPITAN TALI PUSAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Teks)
201504280821th_perbedaan kadar hb dan ht bayi baru lahir akibat perbedaan waktu penjepitan tali pusat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bayi baru lahir memiliki 80 ml darah dari plasenta pada 1 menit setelah kelahiran dan 100 ml pada 3 menit setelah lahir, volume ini akan memasok 40-50 mg/kg ekstra besi untuk memiliki 75 mg/kg besi tubuh bayi yang cukup bulan, yang dapat mencegah kekurangan zat besi pada tahun pertama kehidupan. Oleh karena itu pemotongan tali pusat yang terlalu cepat setelah persalinan akan mengurangi kandungan besi sekitar 15-30%, sedangkan bila ditunda 3 menit dapat menambah volume sel darah merah sekitar 58%. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan kadar Hb dan Ht akibat perbedaan waktu penjepitan tali pusat. Penelitian ini dilakukan di Bidan Praktek Mandiri Kota Padang. Jenis penelitian eksperimental dengan posttest-only control group design. Cara pengambilan sampel consecutive sampling dengan jumlah sampel 18 bayi baru lahir setiap kelompok total sampel 36. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini didapatkan rerata kadar Hb dan Ht pada kelompok penjepitan 3 menit lebih tinggi dari pada penjepitan tali pusat 1 menit. Terdapat perbedaan Hb yang bermakna antara kelompok penjepitan 3 menit dan 1 menit dengan nilai p adalah 0,004 (p < 0,05). Juga terdapat perbedaan kadar Ht yang bermakna antara kelompok penjepitan 3 menit dan 1 menit dengan nilai p adalah 0,001 (p < 0,05). Kesimpulan : kadar Hb dan Ht lebih tinggi pada penjepitan tali pusat ditunda 3 menit setelah lahir dibandingkan dengan penjepitan 1 menit setelah lahir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 26 Jun 2016 08:03
Last Modified: 26 Jun 2016 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item