Pengaruh Penambahan Ragi Roti Pada Fermentasi Kopi Arabika (Coffea Arabica) Terhadap Sifat Fisika, Kimia Dan Organoleptik Kopi Bubuk

Sri, Herlina Mutia (2022) Pengaruh Penambahan Ragi Roti Pada Fermentasi Kopi Arabika (Coffea Arabica) Terhadap Sifat Fisika, Kimia Dan Organoleptik Kopi Bubuk. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DaPus.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unntuk mengetahui pengaruh penambahan ragi roti pada fermentasi kopi arabika (coffea arabica) terhadap sifat fisika, kimia dan organoleptik kopi bubuk. Rancangan yang digunakan adalah adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu penambahan ragi roti dengan konsentrasi 0%,1%,2%,3%, 4%. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA, jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf nyata 5%. Pegamatan yang dilakukan pada penelitian ini pH fermentasi, total gula mucilage, angka lempeng total, kadar air biji kopi, kadar kafein dan cupping test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan ragi roti berpengaruh nyata terhadap pH fermentasi, total gula mucilage, angka lempeng total, kadar air biji kopi, kadar kafein. Hasil cupping test didapatkan perlakuan terbaik dengan pemberian ragi 1% dengan deskripsi atribut fragrance kopi arabika berbau Floral, Fruity, Coklat. Untuk atribut aroma berbau Floral, Coklat. Untuk atribut Flavor yaitu Coklat, Orange, ripe, Fruit. Untuk atribut Acidity yaitu Complek, Citric, Balance. Untuk atribut Body pada kopi yaitu medium dan terktur halus dan Aftertaste yaitu manis yang panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rini, M.P
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:57
Last Modified: 28 Oct 2022 01:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116907

Actions (login required)

View Item View Item