Pengaruh Penambahan Serat Pinang terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Papan Beton Ringan dengan Fly Ash Sebagai Filler

Muhammad, Blestynsky Renaldi (2022) Pengaruh Penambahan Serat Pinang terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Papan Beton Ringan dengan Fly Ash Sebagai Filler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftra pusataka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_BLEST PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan serat pinang terhadap sifat fisik dan mekanik papan beton ringan dengan fly ash sebagai filler. Variasi serat pinang 0,2%; 0,4%; 0,6%; 0,8%;1% dengan menggunakan penyusunan serat secara acak. Sifat fisik dan mekanik yang diujikan meliputi densitas, daya serap air, porositas, kuat tekan dan kuat lentur. Berdasarkan hasil pengujian, penambahan massa serat sabut pinang berbanding terbalik dengan densitas dan berbanding lurus dengan porositas dan daya serap air. Nilai densitas terendah pada sampel variasi serat 1% sebesar 2 gr/cm3, nilai porositas terendah yaitu sebesar 19,56% dengan komposisi tanpa serat dan fly ash, dan nilai daya serap air terendah sebesar 9,47% pada komposisi tanpa serat dan fly ash. Fly ash dengan serat pinang mampu menambah nilai kuat tekan serta kuat lentur dari sampel papan beton ringan. Nilai kuat tekan tertinggi pada penambahan serat yaitu sebesar 78,5 kg/cm3 dengan komposisi serat 1%, sedangkan nilai kuat lentur tertinggi sebesar 66 kg/cm3 dengan komposisi serat 1%. Nilai densitas dari sampel papan beton ringan belum memenuhi SNI 03-2105-2006 sedangkan nilai porositas dan daya serap air sampel sudah memenuhi standar tersebut. Nilai kuat tekan yang didapatkan dari pengujian sampel memenuhi standar SNI 03-3449-2002 namun untuk kuat lentur masih belum memenuhi nilai kuat lentur dari SNI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alimin Mahyudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: fly ash, papan beton ringan, serat pinang, daya serap air, densitas, kuat lentur, kuat tekan, porositas
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:37
Last Modified: 28 Oct 2022 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116807

Actions (login required)

View Item View Item