ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI PADI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN NON JAJAR LEGOWO DI NAGARI KAMBANG TIMUR KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Wahyuni, Diana Sari (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI PADI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN NON JAJAR LEGOWO DI NAGARI KAMBANG TIMUR KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (Watermark).pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN (Watermark).pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN (Watermark).pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Watermark).pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL (eskripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kultur teknis sistem tanam padi jajar legowo dan non jajar legowo dan membandingkan pendapatan dan keuntungan usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan non jajar legowo di Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pelaksanaan usahatani sistem tanam jajar legowo dan non jajar legowo. Perbedaannya itu dilihat pada sistem tanam, jarak tanam, jumlah penggunaan benih penggunaan bibit, penggunaan pupuk dan jumlah tenaga kerja. Produksi yang dihasilkan sistem tanam jajar legowo sebesar 5.435,27 kg lebih tinggi dibandingkan sistem tanam non jajar legowo sebesar 4.646,32 kg. Pendapatan yang diperoleh sistem tanam jajar legowo sebesar Rp. 18.329.968,39/Ha/MT lebih tinggi dibandingkan sistem tanam non jajar legowo sebesar Rp 15.505.373,42/Ha/MT. Keuntungan usahatani padi sistem tanam jajar legowo lebih tinggi daripada keuntungan usahatani padi non jajar legowo. Rata-rata keuntungan usahatani sistem tanam jajar legowo adalah Rp 11.903.093,63/ Ha/MT, sedangkan keuntungan usahatani padi sistem non jajar legowo adalah Rp 9.947.382,92/Ha/MT. Untuk R/C rationya kedua-duanya sama-sama menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Nilai R/C Rationya usahatani padi sistem tanam jajar legowo sebesar 1,78 lebih tinggi dari sistem tanam non jajar legowo yaitu 1,75. Berdasarkan uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara produksi, pendapatan dan keuntungan usahatani sistem tanam jajar legowo dengan usahatani sistem non jajar legowo, sehingga diharapkan petani padi sistem tanam non jajar legowo mempertimbangkan untuk beralih ke sistem tanam jajar legowo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Syahyana Raesi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Usahatani, Jajar Legowo, Pendapatan, dan Keuntungan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:54
Last Modified: 27 Oct 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116727

Actions (login required)

View Item View Item