STRATEGI WISMAR PANJAITAN PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KOTA PADANG

Muhammad, Alfi (2015) STRATEGI WISMAR PANJAITAN PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510290650th_skripsi- m. alfi- bp 1010832008- ilmu politik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi anggota legislatif kota Padang terpilih yaitu Wismar Panjaitan dalam menarik suara basis masyarakat minoritas yang ada di Koto Tangah. Wismar adalah satu-satunya anggota DPRD kota Padang yang berasal dari etnis Batak periode 2014-2019 dan sebagai yang pertama setelah beberapa periode pemilu dilaksanakan untuk memperebutkan kursi di DPRD kota Padang. Dengan masih kuatnya ikatan kesukuan dan agama yang menjadi dasar masyarakat memilih kandidat maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana strategi Wismar Panjaitan untuk menentukan dan mendekati basis suaranya di Koto Tangah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yaitu segmentation, targeting, positioning dan strategi pendekatan pasar untuk menganalisis bagaimana strategi Wismar Panjaitan pada pemilu legislatif 2014 di kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan Wismar Panjaitan adalah dengan melakukan segmentasi masyarakat yang akan dijadikan basis suara dan mengukur potensi suara basisnya karena penting juga untuk memahami bahwa ikatan kesukuan dan daerah asal masih menjadi dasar untuk memilih calon legislatif terutama masyarakat etnis minoritas dan perantauan seperti masyarakat Batak dan Nias di kota Padang yang didominasi oleh etnis Minang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tentang peran penting pendekatan yang digunakan oleh Wismar Panjaitan, pendekatan dengan menghadiri setiap acara organisasi kesukuan didaerah dan merangkul pihak-pihak yang mempunyai pengaruh (influencer) seperti pengurus organisasi persatuan suku dan daerah. Peran dari kepopuleran partai dan juga mesin partai yang bisa bekerja dengan efektif didaerah juga sangat berpengaruh dalam mempromosikan seorang caleg kepada pemilih di pemilihan legislatif yang menganut system suara terbanyak . Kata Kunci: Strategi Politik, Segmentasi, Targeting, Positioning dan Minoritas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mr Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:22
Last Modified: 05 Feb 2016 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item