PENGALAMAN KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK III DR. REKSODIWIRYO PADANG

DIAN, SARI (2014) PENGALAMAN KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK III DR. REKSODIWIRYO PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
DianSari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan supervisi kinerja di instalasi rawat inap rumah sakit Reksodiwiryo Padang masih belum optimal. Hasil kinerja yang didapatkan masih mengalami penurunan setiap bulannya. Pembinaan telah dilakukan terhadap perawat tersebut namun masih belum mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan pengalaman kepala ruangan dalam melaksanakan supervisi kinerja perawat di Instalwatnap Rumah Sakit dr. Reksodiwiryo Padang. Desain penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi, proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Partisipan penelitian diambil secara purposive Sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Analisa data dengan metode Collaizi. Hasil penelitian menghasilkan 5 tema yaitu; 1) Pelaksanaan supervisi kinerja perawat oleh kepala ruangan, 2) Pelaksanaan supervisi kinerja pada aspek tanggung jawab, 3) Pelaksanaan supervisi kinerja pada aspek hasil kerja, 4) Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan supervisi kinerja perawat dan, 5) Berbagai peraturan dalam pelaksanaan supervisi kinerja perawat. Diharapkan pihak rumah sakit melakukan pembinaan serta pelatihan supervisi secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan pemahaman kepala ruangan tentang pelaksanaan supervisi sehingga mampu melakukan pembinaan yang optimal kepada perawat pelaksana. Adanya pengarahan yang lebih terinci dalam melakukan penilaian kinerja dapat mengoptimalkan sosialisasi ke perawat pelaksana serta pengawasan terhadap pelaksanaan supervisi adalah faktor yang membantu dalam meningkatkan pelaksanaan supervisi kinerja perawat. Kata kunci: Pengalaman, kepala ruangan, supervisi, kinerja Daftar Pustaka: 56 (1994 - 2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 26 Jun 2016 06:45
Last Modified: 26 Jun 2016 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item