ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG (Studi Kasus: Peternakan Sapi Potong Bapak Almuhadis di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar)

WAFID, RIZQAN (2022) ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG (Studi Kasus: Peternakan Sapi Potong Bapak Almuhadis di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Wafid Rizqan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan aspek teknis pemeliharaan sapi potong, mengetahui pendapatan usaha sapi potong dan Mengetahui tingkat keuntungan usaha ternak sapi potong bapak Almuhadis. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 5 April 2020 – 23 Februari 2021. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus (Case Study). Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahawa Penerapaan aspek teknis pada usaha penggemukan sapi potong bapak Almuhadis sudah dilakukan lumayan baik seperti persyaratan pemilihan bakalan sapi potong, pemberian pakan, tatalaksana penggemukan sapi potong, perkandangan, dan pengendalian dan pencegahan penyakit. Hanya saja kekurangannya terdapat di sumber air, yang membuat sapi milik bapak Almuhadis jarang di mandikan dan untuk minum juga masih kurang memenuhi. Selama periode peternakan bapak Almuhadis mendapati keuntungan, pendapatan yang didapatkan sebesar Rp. 27.939.000,-/10bulan, dengan rata – rata perbulan sebesar Rp. 2.793.900,-/bulan. Selama periode peternakan bapak Almuhadis mendapatkan tingkat keuntungan dengan nilai R/C 1,07. Dengan penjualan sapi sebanyak 13 ekor, artinya selama penelitian dilakukan peternak memperoleh total pendapatan sebesar 7% dari usaha penggemukan sapi potong miliknya dan nilai R/C 1,07 sudah merupakan tingkat keuntungan yang bagus. Kata kunci : analisis usaha, penggemukan sapi potong dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurhayati, S.Pt, MM
Uncontrolled Keywords: analisis usaha, penggemukan sapi potong dan pendapatan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:45
Last Modified: 26 Oct 2022 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116306

Actions (login required)

View Item View Item