Pengaruh Pemberian IBA (Indole-3-butyric acid) dan Komposisi Media Tumbuh Terhadap Pembentukan Akar dan Tunas Setek Tanaman Mawar (Rosa sinensis)

Annisa, Najla Salsabila Apri (2022) Pengaruh Pemberian IBA (Indole-3-butyric acid) dan Komposisi Media Tumbuh Terhadap Pembentukan Akar dan Tunas Setek Tanaman Mawar (Rosa sinensis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pembentukan akar dan tunas setek tanaman mawar (Rosa sinensis) dengan pemberian IBA (Indole-3-butyric acid) dan komposisi media tumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara konsentrasi IBA dan komposisi media tumbuh. Selain itu menentukan pemberian IBA dan komposisi media tumbuh terbaik pada pembentukan akar dan tunas setek tanaman mawar. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai pada bulan Maret sampai Juni 2022 di UPT Farm Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Faktorial dengan 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yaitu pemberian IBA yang terdiri atas 4 taraf perlakuan (0;50;100;150ppm). Faktor kedua yaitu komposisi media tumbuh yang terdiri atas 3 taraf perlakuan (tanah + arang sekam + pukan sapi ; tanah + serbuk sabut kelapa (cocopeat) ; tanah + pasir + pukan sapi). Data hasil penelitian dianalisis secara statistic dengan uji F pada taraf 5%. Jika F hitung lebih besar dari F tabel 5%, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembentukan akar dan tunas setek tanaman mawar tidak terjadi interaksi antara konsentrasi IBA (Indole-3 butyric acid) dan komposisi media tumbuh. Konsentrasi IBA (Indole-3 butyric acid) yang terbaik terhadap pembentukan akar dan tunas setek tanaman mawar yaitu konsentrasi 100 ppm, sedangkan media tumbuh yang terbaik terhadap pembentukan akar dan tunas setek tanaman mawar yaitu media tanah + pasir + pupuk kandang sapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Benni Satria, MP
Uncontrolled Keywords: Mawar, IBA (Indole-3 butyric acid), Media Tumbuh, Tunas, Setek
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:08
Last Modified: 27 Oct 2022 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116292

Actions (login required)

View Item View Item