IDENTIFIKASI SERANGGA PENYERBUK PADA TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) DI NAGARI LUBUK GADANG SELATAN KECAMATAN SANGIR KABUPATEN SOLOK SELATAN

RIZKY, PRATAMA YOGA SAPUTRA (2022) IDENTIFIKASI SERANGGA PENYERBUK PADA TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) DI NAGARI LUBUK GADANG SELATAN KECAMATAN SANGIR KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tumbuhan aren merupakan tumbuhan serbaguna yang sejak lama telah dikenal menghasilkan banyak manfaat, hampir semua bagian tanaman aren dapat dimanfaatkan salah satunya adalah buah aren. Buah aren terbentuk dari penyerbukan bunga jantan dan bunga betina. Tanaman aren merupakan tanaman yang melakukan penyerbukan silang secara alami dengan bantuan serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi serangga penyerbuk pada tanaman aren di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-eksploratif (menggambarkan sesuai fakta apa yang didapatkan di lapangan). Serangga yang aktif terbang diambil dengan jaring ayun sementara yellow sticky trap digunakan untuk menangkap serangga sesuai periode pengamatan. Pengamatan dilakukan pada 3 periode waktu, yaitu pagi (07:00-09:00), siang (11:00-13:00), dan sore (15:00-17:00) WIB. Hasil penelitian ini adalah didapatkan serangga dari genus Apis sebagai serangga penyerbuk tanaman aren di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Serangga penyerbuk ditemukan pada pagi dan sore hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PROF. DR. IR. ASWALDI ANWAR, MS
Uncontrolled Keywords: Aren, Penyerbukan, Apis, jaring ayun, yellow sticky trap
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:14
Last Modified: 26 Oct 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116237

Actions (login required)

View Item View Item