PENGARUH JARAK TANAM DAN JUMLAH BENIH PER LUBANG TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.)

STEVANUS, SILAEN (2014) PENGARUH JARAK TANAM DAN JUMLAH BENIH PER LUBANG TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502161658th_skripsi 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak tanam dan jumlah benih per lubang tanam, mengetahui jarak tanam yang tepat, dan mengetahui jumlah benih yang tepat untuk di kembangkan. Penelitian ini telah di laksanakan di Lembang Batu Bagiriak, Jorong Galagah, Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada ketinggian 1616 m diatas permukaan laut dari bulan Juli sampai Oktober 2013. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap berbentuk faktorial 3 x 4 dan diulang tiga kali. Faktor pertama yaitu jarak tanam dengan 3 taraf (20 cm x 20 cm, 25 cm x 25 cm, dan 30 cm x 30 cm) dan faktor kedua yaitu jumlah benih per lubang tanam dengan 4 taraf (1, 2, 3, 4 benih per lubang tanam). Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% dan F Hitung perlakuan yang lebih besar dari F Tabel 5%, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh interaksi antara jarak tanam dengan jumlah benih per lubang tanam terhadap produksi tanaman gandum. Jarak tanam 30 cm x 30 cm memberikan hasil terbaik terhadap tinggi dan hasil per bedengan. Jumlah benih 4 per lubang tanam memberikan banyak anakan terbaik pada tanaman gandum. Kata Kunci : Jarak tanam, jumlah benih per lubang tanam, pertumbuhan, produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:23
Last Modified: 28 Jul 2016 02:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item