Peran United Nations Children's Fund (UNICEF) Dalam Mengatasi Cyberbullying Di Indonesia Pada Tahun 2015-2021

Anisa, Septiani (2022) Peran United Nations Children's Fund (UNICEF) Dalam Mengatasi Cyberbullying Di Indonesia Pada Tahun 2015-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran United Nations Children’s Fund (UNICEF) dalam mengatasi cyberbullying di Indonesia pada tahun 2015-2021. Perkembangan teknologi digital berkembang dengan sangat pesat khususnya penggunaan sarana informasi dan komunikasi media sosial di berbagai usia tak terkecuali anak-anak. Dengan meningkatnya pengguna internet tersebut maka terdapat risiko bagi anak-anak untuk mengalami cyberbullying yang cukup tinggi. Terdapat upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasinya melalui UU ITE. Namun, dengan banyaknya jenis dan kasus cyberbullying yang terjadi terdapat kelemahan dalam menangani permasalahan tersebut. UNICEF bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi cyberbullying yang terjadi di Indonesia pada tahun 2015-2021. Untuk menganalisis peran UNICEF dalam mengatasi cyberbullying di Indonesia pada tahun 2015-2021, penelitian ini menggunakan konsep peranan Intergovernmental Organization oleh P.A Abarro yang terdiri dari menciptakan public awareness, membantu pemerintah memperkuat peraturan, mendorong dan memfasilitasi NGO atau komunitas lokal, meningkatkan sumber daya manusia dan membantu kerjasama skala nasional, regional dan internasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UNICEF memiliki peran penting dalam mengurangi kasus yang cyberbullying yang terjadi pada anak-anak di Indonesia. Dalam hal ini UNICEF bekerja sama dengan pemerintah dengan mengadakan workshop, konferensi dan berbagai kampanye, membantu pemerintah dan memperkuat peraturan dan pelaksanaan UUD 1945 terkait cyberbullying, mendorong dan memfasilitasi NGO atau komunitas lokal untuk membuat program pencegahan seperti program ROOTS Indonesia, meningkatkan sumber daya manusia dengan melakukan beberapa pelatihan terhadap guru, orang tua, anak-anak dan fasilitator LSM maupun komunitas dan membantu kerjasama pada skala nasional dengan LSM dan yayasan dan pertukaran informasi dan pengetahuan ditingkat regional ASEAN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Yusra, S.IP, MA
Uncontrolled Keywords: Bullying, Cyberbullying, Indonesia, Organisasi Internasional, UNICEF, UU ITE.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:04
Last Modified: 26 Oct 2022 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116143

Actions (login required)

View Item View Item