PERBEDAAN PROFIL LIPID PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DAN HEMORAGIK YANG DIRAWAT DI BAGIAN PENYAKIT SARAF RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

MARTA, DEDI USDEKA (2015) PERBEDAAN PROFIL LIPID PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DAN HEMORAGIK YANG DIRAWAT DI BAGIAN PENYAKIT SARAF RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stroke merupakan sindrom yang disebabkan oleh oklusi pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah dan terjadi ektravasasi yang menimbulkan infark serebral. Keadaan ini menyebabkan terjadinya defisit neurologi. Keadaan ini berlangsung selama 24 jam atau lebih. Stroke memiliki berbagai macam faktor risiko salah satu diantaranya adalah dislipidemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan profil lipid pada pasien stroke iskemik dan hemoragik. Penelitian ini adalah penelitian cross-sectional yang menggunakan data sekunder pasien stroke dari rekam medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini fokus pada pasien stroke yang dirawat pada periode 1 Mei 2010 sampai 31 Desember 2014. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 943 sampel yang terdiri dari 492 sampel stroke iskemik dan 451 sampel stroke hemoragik. Data diperoleh dengan melihat hasil pemeriksaan lipid serum yang terdapat pada rekam medik. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai p untuk kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida , berturut-turut <0,001; 0,013; <0,001; <0,001 (p<0,05). Terdapat perbedaan profil lipid pada pasien stroke iskemik dan hemoragik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 26 Jun 2016 05:40
Last Modified: 26 Jun 2016 05:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item