PENGARUH SISTEM PEMELIHARAAN DENGAN DAN TANPA UMBARAN SERTA PEMBERIAN TEPUNG BIJI PEPAYA (Carica papaya) DAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa) TERHADAP PERFORMA KARKAS AYAM KUB

Nailatul, Fadhila (2022) PENGARUH SISTEM PEMELIHARAAN DENGAN DAN TANPA UMBARAN SERTA PEMBERIAN TEPUNG BIJI PEPAYA (Carica papaya) DAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa) TERHADAP PERFORMA KARKAS AYAM KUB. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi pemberian tepung biji pepaya dan kecambah padi dengan sistem pemeliharaan berbeda terhadap performa karkas ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Penelitian ini menggunakan ayam DOC KUB sebanyak 80 ekor yang kemudian diberikan perlakuan pada umur 6 minggu selama 6 minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan rancangan percobaan RAL pola Faktorial (2 x 2) dengan 5 kali ulangan. Faktor pertama sistem pemeliharaan, yaitu A1= 24 jam dikandangkan (intensif) dan A2= dilepas dilahan umbaran pagi hingga sore hari (11 jam). Faktor ke dua adalah pemberian pakan fungsional, yaitu B0= tanpa pemberian biji pepaya dan tanpa kecambah padi dan B1= pemberian biji pepaya 0,5% dalam ransum dan kecambah padi. Kecambah padi diberikan dalam keadaan segar dengan sistem kafetaria secara adlibitum. Ransum perlakuan disusun dengan iso protein 17,5% dan iso energi 2800 kkal/kg. Parameter yang diukur adalah bobot hidup, bobot karkas, persentase karkas persentase lemak abdomen pada ayam KUB. Data yang diperoleh di analisis dengan analisis keragaman (anova) dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor A berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap semua parameter yang diukur. Demikian juga pada faktor B menunjukan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap keempat parameter tersebut. Sedangkan interaksi antara faktor A dan faktor B menunjukan hasil yang berpengaruh nyata (P<0,05) pada bobot hidup dan bobot karkas, tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas dan lemak abdomen. Hasil uji lanjut DMRT ayam yang diberi perlakuan A2 menurunkan performa ayam, tetapi dengan pemberian pakan fungsional (B1) pada perakuan A2 dapat memperbaiki performa ayam atau menyamai kontrol A1B0. Kesimpulan penelitian adalah pemberian pakan fungsional (kecambah padi dan tepung biji pepaya) dapat memperbaiki bobot hidup dan bobot karkas ayam KUB yang dipelihara dengan sistem umbaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Ahadiyah Yuniza, MS
Uncontrolled Keywords: ayam KUB, karkas, kecambah padi, lahan umbaran, tepung biji pepaya
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:17
Last Modified: 26 Oct 2022 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116037

Actions (login required)

View Item View Item