Design of Good Manufacturing Practices (GMP) and Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) Documents in Sipujuk Farm Fish Processing Unit

SITI, KHAIRIYAH (2022) Design of Good Manufacturing Practices (GMP) and Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) Documents in Sipujuk Farm Fish Processing Unit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRACT)
ACKNOWLEDGEMENT_merged (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (CHAPTER I)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (CHAPTER V)
CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (REFERENCES)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (FINAL PROJECT (full text))
FINAL PROJECT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu usaha pemerintah Indonesia untuk melindungi dan menjamin keamanan pangan bagi masyarakat adalah dengan menetapkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan. Sebagai penghasil ikan asap yang berpusat di Padang, Unit Pengolahan Ikan (UPI) Sipujuk Farm harus memenuhi suatu program kelayakan dasar atau pedoman dalam proses pengolahan pangan, yaitu Good Manufacturing Practice (GMP) yang sesuai dengan kebutuhan Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP). Berdasarkan observasi lapangan, saat ini UPI Sipujuk Farm masih belum memenuhi GMP dan SSOP. Maka, Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dokumen GMP dan SSOP untuk UPI Sipujuk Farm, yang terdiri dari Standar Operasional Prosedur (SOP), Instruksi Kerja (IK), dan Formulir Rekaman (FR). Dokumen-dokumen tersebut juga dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat izin MD (Makanan Dalam) yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Penyelesaian masalah pada Tugas Akhir dimulai dengan melakukan asesmen menggunakan panduan BPOM RI yang mencakup tentang penerapan GMP dan SSOP di UPI Sipujuk Farm. Tahapan selanjutnya adalah mengidentifikasi proses bisnis dan produksi, rincian aktivitas, penanggung jawab aktivitas melalui penyusunan RACI Matrix dan pemetaan aspek GMP yang perlu didokumentasi. Pemetaan dilakukan berdasarkan pedoman Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Pemetaan aspek pedoman GMP menghasilkan 7 aspek yang perlu didokumentasi. Aspek-aspek tersebut kemudian digabungkan dengan aspek-aspek pada SSOP. Tahapan akhir adalah identifikasi kebutuhan dokumen untuk aktivitas UPI Sipujuk Farm yang membutuhkan dokumen berdasarkan gabungan aspek GMP dan aspek SSOP yang perlu didokumentasi dan mendesain dokumen-dokumen tersebut. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa tiga desain dokumen yang dibutuhkan oleh UPI Sipujuk Farm berdasarkan panduan GMP dan SSOP. Dokumen yang didesain terdiri atas SOP, Instruksi Kerja, dan Formulir Rekaman yang mencakup produksi, fasilitas, serta karyawan. Rincian dari dokumen tersebut adalah 7 SOP, 12 Instruksi Kerja, dan 17 Formulir Rekaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: WISNEL, M.SC
Uncontrolled Keywords: Formulir Rekaman, GMP, Ikan Asap, Instruksi Kerja, SOP, SSOP
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:30
Last Modified: 26 Oct 2022 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115953

Actions (login required)

View Item View Item